Home Entertainment Gaya Hidup Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi

Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi

216
0
SHARE
Kegiatan bersepeda saat malam hari di tengah pandemi. Foto: Diamma.com/ Faisal Adnan

Diamma.com- Seiring berjalannya kebijakan era new normal di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, membuat masyarakat kembali bersepeda sebagai olahraga bahkan alternatif transportasi yang mudah dan murah.

Tak sedikit masyarakat yang membenahi sepeda lama mereka bahkan membeli baru. Dalam masa transisi ini, kebijakan protokol kesehatan yang ditetapkan harus dipatuhi masyarakat. Simak yuk, beberapa tips aman bersepeda di tengah pandemi Covid-19:

1. Pakai Masker

Salah satu protokol kesehatan yang harus ditaati adalah menggunakan masker saat keluar rumah. Namun, memakai masker saat bersepeda pasti mengganggu pernapasan. Maka, pilihlah masker jenis buff atau bahan dengan jenis yang  nyaman untuk bernapas.

2. Jaga Jarak

Saat bersepeda, umumnya kita akan berkerumun dengan pesepeda lainnya. Namun, saat ini kita harus menjaga jarak satu sama lain, maksimal bersepeda 2- 4 orang, bahkan lebih baik sendiri saja. Begitu juga saat sedang istirahat, pastikan tempat yang kamu singgahi tidak ramai.

3. Bawa Hand Sanitizer

Selain masker, barang yang harus dibawa adalah  hand sanitizer yang sesuai dengan saran WHO. Hal ini untuk menghambat hingga menghentikan aktivitas bakteri yang menempel.

4. Gunakan Sepeda dan Peralatan Pribadi

Gunakan sepeda dan peralatan lainnya milik pribadi, jangan lupa untuk bawa botol minum dari rumah agar terjamin kebersihannya. Pastikan tidak meminjam barang-barang tersebut milik orang lain, karena kita tidak tahu riwayat kesehatannya.

5. Jaga Kebersihan 

Setelah bersepeda, pastikan peralatan sepeda disemprotkan cairan pembersih untuk menghilangkan bakteri yang mungkin saja menempel. Jangan lupa untuk segera membersihkan tubuh dan mencuci pakaian.

Nah, itu dia beberapa tips bagi kalian yang ingin bersepeda di masa pandemi seperti ini. Tetap waspada dan selalu jaga kebersihan ya. 

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Indira Difa Maharani