Home Cetak WARTA: Pandemi, Mahasiswa Skripsi Terapkan Bimbingan Online

WARTA: Pandemi, Mahasiswa Skripsi Terapkan Bimbingan Online

198
0
SHARE
Ilustrasi: Berthy Johnry

Diamma.com- Adanya pandemi Covid-19, membuat UPDM (B) menerapkan sistem perkuliahan  secara online, mulai dari kuliah online, bimbingan skripsi.

Untuk aturan serta mekanisme bimbingan secara online, penerapan kebijakan tersebut tidak sepenuhnya berada dalam kendali universitas, melainkan sesuai wewenang pada masing-masing fakultas.

Nasrullah Kusadjibrata selaku salah satu dosen pembimbing Fikom, mengatakan bahwa kendali dalam pelaksanaannya diserahkan sesuai kesepakatan antara mahasiswa dengan masing-masing dosen pembimbingnya. “Iya (kebijakan) diserahkan kepada kesepakatan antara dosen pembimbing dan mahasiswa bersangkutan, asal tepat deadline saja. Intinya kami tidak akan mempersulit, karena disesuaikan dengan keadaan dan dosen dapat berimprovisasi dengan sendirinya,” ungkapnya.

Nasrullah juga menjelaskan bahwa teknologi dan fasilitas pendukung pelaksanaan sistem online sudah cukup memumpuni. “Intinya sistem kuliah online butuh kultur (budaya) baru buat dosen dan juga mahasiswa. Keduanya harus lebih pro-aktif mencari sumber bahan-bahan yang banyak tersebar di berbagai jurnal, juga karya ilmiah. Dengan mekanisme online dalam keadaan seperti ini, kelak harus menjadi kebiasaan baru dan disesuaikan dengan tuntutan,”  jelasnya.

Andriansyah selaku Wakil Rektor I mengungkapkan, informasi yang didapat dari masing-masing fakultas terkait bimbingan masih dalam tahapan aman dan minim hambatan.

“Menurut saya lebih fleksibel begini, daripada kita bimbingan secara manual harus menemui dosen, nungguin gitu kan, ngga taunya malah ngga ada. Kalau seperti ini sudah pasti sampai informasinya (dibaca),” tegas Andriansyah.

Meski dirasa tingkat efektivitas sistem online cukup baik, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadinya hambatan pada pelaksanaan bimbingan online, seperti yang dirasakan oleh Refelino Lumunon mahasiswa Fikom 2016. “Sulitnya bimbingan secara online yaitu komunikasi kita terbatas dengan dosen, takutnya apa yang dimaksud sama dosen pembimbing dan penguji berbeda dengan apa yang kita tangkap,” ujarnya.

Penulis: Wiji Adinda Putri

Versi cetak artikel ini diterbitkan di WARTA Diamma edisi #75 Mei 2020. dengan judul “Pandemi, Mahasiswa Skripsi Terapkan Bimbingan Online”