Home Entertainment Gaya Hidup Penting! Tips Jaga Kebugaran Tubuh Saat Berpuasa di Tengah Covid-19

Penting! Tips Jaga Kebugaran Tubuh Saat Berpuasa di Tengah Covid-19

190
0
SHARE
Meski sedang berpuasa di tengah pandemi, kita harus menjaga kebugaran tubuh. Foto: amwaytoday.co.id

Diamma.com- Bulan Ramadan merupakan bulan suci dan penuh ampunan, yang sudah dinanti-nanti oleh seluruh umat Muslim di dunia termasuk Indonesia. Terkadang terasa berat untuk dilalui karena  pada saat berpuasa diharuskan menahan rasa haus dan lapar.

Apalagi bulan Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, saat ini umat Muslim harus melaksanakan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebugaran tubuh agar dapat berpuasa dengan maksimal serta terhindar dari berbagai penyakit dan virus.

Adapun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan pemberitahuan di situs resminya agar tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi ini bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa. Berikut 4 tips yang diberikan, simak ya!

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Kebutuhan gizi dan hidarasi perlu dicukupi saat berbuka dengan mengonsumsi makanan segar dan memperbanyak minum air mineral untuk memperoleh kekebalan tubuh yang ekstra ketika berpuasa dan menjaga stamina sehingga mampu meminimalkan risiko terinfeksi virus Covid-19.

  • Tetap Berolahraga

Meski sedang berpuasa bukan menjadi halangan untuk berolahraga, namun tetap memperhatikan intensitas dan jenis gerakan yang dipilih. Olahraga dapat dilakukan di rumah bersama anggota keluarga.

  • Menghindari Rokok dan Tembakau

Penggunaan tembakau tidak disarankan dalam segala situasi, khususnya selama bulan Ramadan di tengah pandemi Covid-19. Sebab, para perokok umumnya sudah memiliki kapasitas paru-paru yang kurang baik. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko seseorang terjangkit virus dan menyebabkan seseorang tidak bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.

  • Lakukan Pembatasan Fisik dan kebersihan Lingkungan

Bulan ramadan menjadi bulan yang tepat untuk beramal kepada saudara-saudari yang membutuhkan bantuan. Hal yang perlu diingat ketika beramal di tengah pandemi ini yaitu dengan memastikan diri untuk tetap mentaati aturan untuk pembatasan fisik dan menerapkan kebersihan. Anda dapat bersedekah secara online melalui website dan uang elektronik.

Penulis: Berthy Johnry
Editor: Indira Difa Maharani