Home Entertainment Gaya Hidup Ingin Belanja Online secara Aman? Simak Tipsnya

Ingin Belanja Online secara Aman? Simak Tipsnya

178
0
SHARE
Ilustrasi proses transaksi jual beli online. Foto: syariahbank.com

Diamma.com– Pusat situs belanja online atau e-commerce kian merajalela. Adanya efek dari perkembangan teknologi menjadi salah satu akibat dari maraknya situs e-commerce tersebut. Segala kebutuhan masyarakat kini dengan mudah, cepat, dan tanpa membuang waktu sudah dapat diakses melalui smartphone masing-masing.

Namun, tak sedikit pula yang masih ragu dalam menggunakan platform belanja online, dan masih memilih untuk menghabiskan lebih sedikit waktu serta tenaganya untuk berbelanja secara offline

Rasa cemas atas keamanan dan jaminan barang yang ditampilkan menjadi salah satu faktor penyebab masih adanya rasa takut untuk memulai berbelanja secara online. Tapi kini kalian tidak perlu khawatir lagi, Diamma.com telah merangkum langkah aman belanja online untuk pemula, yuk simak! 

  • Cari Tahu e-commerce yang Dipilih

Sebelum kalian belanja, pastikan sudah memeriksa dan mencari tahu terlebih dahulu apakah e-commerce yang dipilih dapat dipercaya atau tidak. Biasanya dapat ditelusuri melalui fitur komentar atau review dari pengguna situs tersebut, sehingga kalian dapat menyimpulkan respon positif atau negatif untuk platform yang dipilih.

Kalian juga jangan bosan untuk membaca ketentuan atau kebijakan yang diterapkan oleh pihak bersangkutan, guna mengamankan data-data pribadi yang akan dicantumkan.

  • Terapkan Pengamanan pada Akun

Selanjutnya, kalian dianjurkan untuk menggandakan kata sandi atau pengamanan akun anda untuk meminimalisir peretasan pada kejahatan online. Selain akun e-commerce, kalian juga dapat memberi keamanan pada PC atau Smartphone.

  • Cek Deskripsi Produk

Tips ini cocok seklai untuk pemula ataupun pengguna setia e-commerce. Biasakan membaca deskripsi produk yang dipilih, lalu lihat review dari pembeli, baik secara visual, komentar, maupun rating yang diberikan.

Kalau belum sesuai, jangan bosan mencari lagi, karena setiap platform belanja online memiliki ratusan bahkan jutaan penjual dengan berbagai produknya. Jadi kalau kalian bersabar pasti dapat yang cocok kok! tapi jangan mudah tergiur dengan harga murah ya.

  • Cek kembali Pesanan

Tips berikutnya adalah ketelitian kalian dalam proses transaksi. Sebelumnya pastikan kepada penjual barang yang kalian inginkan tersedia dan sesuai. Setelah itu, periksa harga total keseluruhan agar tidak terjadi keliru ketika proses pembayaran.

  • Pertimbangkan Metode Pembayaran

Pada tahap ini kalian bisa menggunakan ATM (transfer), pembayaran kartu kredit, bahkan cicilan. Jika kalian menggunakan salah satu pilihan tersebut, dianjurkan untuk menyimpan bukti transfer atau pembayarannya untuk mencegah terjadi kesalahan. Namun, kalau ragu untuk melakukannya karena adanya peluang kejahatan, kalian dapat melakukannya dengan menggunakan metode transfer kirim, Minimarket yang tersedia, atau dengan Cash On Delivery (COD).

Itu dia 5 langkah aman dalam menggunakan platform belanja online. Semoga dapat membantu dan mempermudah kalian ya. Selamat mencoba!

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Indira Difa Maharani