Home Sorot Berinovasi! Tren Virtual Photoshoot Saat Karantina

Berinovasi! Tren Virtual Photoshoot Saat Karantina

430
0
SHARE

Pose artis peran Adinia Wirasti dalam virtual photoshoot. Foto: Instagram/ @michaelcools
 

Diamma.com– Di tengah musibah pandemi Covid-19 yang kini menimpa hampir seluruh belahan bumi membuat munculnya ide, tingkah laku, hingga kreatifitas baru yang unik-unik dari masyarakat guna mengisi waktu luang selama #dirumahaja. Salah satu tren baru yang muncul adalah vitual photoshoot.

Virtual photoshoot merupakan teknik foto yang sebenarnya sama dengan kegiatan pemotretan secara langsung. Hanya saja yang membedakan adalah media dan teknik pengambilannya. Photoshoot dilakukan dengan aplikasi video call, seperti facetime, zoom, skype, dan lainnya.

Sang model akan diarahkan dari jarak jauh melalui panggilan video untuk menempatkan diri dan berpose di spot yang sesuai untuk pemotretan. Dalam hal ini, diperlukannya koneksi internet yang stabil, guna meminimalisir gangguan selama pemotretan berlangsung. 

Bagaimana sih proses fotonya? 

Teknik fotonya sangat simple, hanya menggunakan kamera atau dengan handphone yang memadai. Bisa juga menggunakan alat tambahan untuk membuat efek manual selama pemotretan, dan memberikan kesan lain dalam foto tersebut.

Saat ini yang sedang banyak diterapkan oleh fotografer adalah menggunakan media kaca. Media ini dapat membuat efek sedikit blur namun masih tampak ada sisi jelas dari objeknya. Sehingga siapa sangka bahwa ternyata foto-foto tersebut dilakukan secara jarak jauh dan hanya menggunakan panggilan video. Tidak lupa juga untuk memberikan sentuhan akhir pada fotonya dengan mengeditnya di aplikasi pilihan kalian.

Tren foto ini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat umum dan selebgram (seleb Instagram) saja, namun para atis papan atas pun turut mengikuti tren tersebut. Berikut beberapa cuplikan foto hasil virtual photoshoot.

  • Raisa Andriana
Potret Penyanyi Raisa Andriana. Foto: Instagram/ @michaelcools

Foto pertama ada penyanyi solo wanita Indonesia yang terkenal akan suara lembut yang merdu dan parasnya yang cantik, Raisa Andriana. Teknik blur yang diterapkan memberikan efek yang membuat Raisa tampak lebih anggun dan menambah kesan cantik serta eksotis pada dirinya.

  • Rachel Vennya
Potret Selebgram Rachel Vennya. Foto: Instagram/ @michaelcools

Selanjutnya ada foto dari seorang Seleb-Instagram dengan 4 juta followers, yaitu Rachel Vennya. Dengan menggunakan salah satu sudut rumahnya, hasil fotonya tidak jauh indah dengan hasil pemotretan secara langsung, bukan? Ia juga tetap terlihat manis dan anggun dengan sentuhan makeup dan aksesoris miliknya.

  • Afgan Syahreza
Potret Penyanyi Afgan Syahreza. Foto: Instagram/ @michaelcools

Tak mau kalah dengan para wanita cantik di atas, penyanyi tampan satu ini juga ikut melakukan virtual photoshoot. Pada foto ini, Afgan semakin tampak sangat cool dengan pose yang dilakukannya, walau hanya menggunakan t-shirt putih polos.

Sudah paham bukan mengenai Virtual photoshoot? kalian dapat mencobanya di rumah loh. Tidak perlu pakai fotografer, cobalah minta teman untuk memotret kalian dengan alat yang mereka miliki. Simple bukan? Lumayan kan untuk memperindah feeds Instagram kalian.

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Indira Difa Maharani