Home Entertainment Budaya Perayaan Hari Nelayan Pelabuhan Ratu ke 59

Perayaan Hari Nelayan Pelabuhan Ratu ke 59

731
0
SHARE
Para Nelayan yang ikut memperingati hari nelayan Pelabuhan Ratu pada Minggu (7/4). Foto: Diamma.com/ Alfian Firmansyah.

Diamma.com– Hari nelayan Pelabuhan Ratu atau acara rutin tahunan nelayan Pelabuhan Ratu kembali diselenggarakan tahun ini, yakni acara syukuran untuk hasil tangkapan di laut selama setahun. Tahun ini adalah perayaan ke-59 tahun. Acara ini berlangsung di Dermaga Pelabuhan Ratu, pada Minggu (7/4).

Hari nelayan Pelabuhan Ratu ini dimeriahkan dengan adanya upacara tradisional yang menarik perhatian para masyarakat lokal maupun luar daerah yang berkunjung. Upacara dilengkapi dengan adanya sepasang raja dan ratu yang sebelumnya telah diseleksi oleh panitia penyelenggara.

Deden Suryatna,  salah satu nelayan mengungkapkan tujuan diadakannya acara tahunan ini, selain untuk memperingati hari nelayan, juga upaya pemerintah Jawa Barat untuk memajukan kota Sukabumi.

“Kabupaten Sukabumi sudah jadi destinasi wisata terlengkap di Jawa Barat. Maka dari itu pemerintah sangat memperhatikan sehingga dibuatlah acara tahunan seperti ini agar kawasan ini semakin maju dengan pesat,” ucap Deden.

Dalam kurun waktu hampir sebulan sudah banyak acara yang dijalankan sebagai rangkaian acara hari nelayan Pelabuhan Ratu ini. Acara penutup  pun akan diakhiri dengan panggung Geyuar Dangdut Pesisir dan Tablig Akbar.

Reporter: Alfian Firmansyah
Editor: Octavia Dwi Lestari