Home News Bank Indonesia Terbitkan Uang Baru

Bank Indonesia Terbitkan Uang Baru

670
0
SHARE

bank-indonesiaDiamma.com – Bank Indonesia merupakan bank sentral ialah, satu-satunya lembaga yang berhak mengeluarkan dan mengedarkan alat pembayaran tunai seperti Uang Rupiah. Pada hari Senin, 19 Desember 2016, BI akan mengumumkan desain baru uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pengumuman tersebut akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sesuai dengan Undang-undang nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang, pernerbitan uang NKRI dengan desain baru memiliki ciri-ciri. Salah satu cirinya adalah menampilkan gambar Pahlawan Nasional yang ditetapkan sesuai dengan keputusan Presiden.

Hal itu diatur dalam keputusan presiden nomor 31 tahun 2016 tentang penetapan gambar Pahlawan Nasional sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas dan rupiah logam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada hari senin BI akan menerbitkan tujuh uang kertas dan empat pecahan uang logam. Ada 12 pahlawan nasional yang akan menghiasi 12 uang NKRI baru tersebut.

Alasan mengapa gambar pahlawan nasional dijadikan gambar utama di mata uang NKRI adalah untuk menumbuhkan rasa semangat patriotisme, kejuangan, kepahlawanan dan bangga menjadi warga negara Indonesia.

Siapa saja pahlawan nasional yang diabadikan didesain uang baru tersebut ? berikut ini daftarnya.

1. Gambar Pahlawan Nasional Ir. Soekarno sebagai gambar utama pada bagian uang rupiah kertas pada pecahan 100.000.

2.Gambar Pahlawan Nasional Drs. Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian uang rupiah kertas pada pecahan 100.000.

3.Gambar Pahlawan Nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama pada bagian uang rupiah kertas pada pecahan 50.000.

4.Gambar pahlawan Nasional Dr. G.S. S. J Ratulangi sebagai gambar utama pada bagian uang rupiah kertas pada pecahan 20.000.

5.Gambar pahlawan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar utama pada bagian uang rupiah kertas pada pecahan 10.000.

6.Gambar pahlawan Nasional Dr. K. H. Idham Chalid sebagai gambar utama pada bagian uang rupiah kertas pada pecahan 5.000.

7.Gambar pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama pada bagian uang rupiah kertas pada pecahan 2.000.

8.Gambar pahlawan Nasional Tjut Meutiah sebagai gambar utama pada bagian uang rupiah kertaspada pecahan 1.000.

9.Gambar pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar utama pada bagian uang rupiah logam pada pecahan 1.000.

10.Gambar pahlawan Nasional Letnan Jendral TNI (purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar utama pada bagian uang rupiah logam pada pecahan 500.

11.Gambar pahlawan Nasional Dr. Tjiptomangunkusumo sebagai gambar utama pada bagian uang rupiah logam pada pecahan 200.

12.Gambar pahlawan Nasional Prof. Dr. Ir. Herman Johanes sebagai gambar utama pada bagian uang rupiah logam pada pecahan 100.

 

 

Penulis : Muhammad Taufiq Wicaksono / Foto : simanja.info

Editor : Noviani W