Home News Kapolri : GNPF Bukan Pelaku Makar

Kapolri : GNPF Bukan Pelaku Makar

927
0
SHARE

070823100_1480223364-kapolri-dan-pbnu-ajak-masyarakat-perangi-paham-radikal4Diamma.com – Kapolri Jendral Tito Karnavin menduga akan terjadinya Demo Makar, yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan. Kemungkinan ada kelompok lain yang menyebabkan Demo Makar, namun Jenderal Tito Karnavian berpendapat bukan gerakan nasional pengawal fatwa (GNPF) MUI yang akan melakukan makar.
“Saya tidak pernah sekalipun menuduh teman-teman yang melakukan aksi bela islam adalah makar dan saya sudah melakukan komunikasi dengan mereka,” ujar Tito di kantor PBNU jl.kramat Raya,minggu(27/11/2016).
Yang menjadi pertanyaan siapa kelompok yang hendak melakukan makar? Jendral Tito Karnavian sendiri tidak mengungkapkan siapa kelompok tersebut.
Melihat kondisi demo makar ini, mengundang para pengamat keamanan sekaligus pelaku aksi gerakan reformasi 1998, Gunawan menilai bahwa pernyataan dari jenderal Tito itu cukup wajar.

“Dalam serangkaian upaya untuk mengurangi risiko kalaupun tidak terjadi, memang itu tujuannya. Namun jika sampai terjadi, aparat tentu sudah bersiap dan masyarakat peduli,”ujar Gunawan,jumat(25/11).

Gunawan mengingatkan kepada  pemerintah agar tidak lagi mengadakan gladi bersih dalam sebuah kudeta atau revolusi, menurutnya makar tidak di hanya di lihat melalui penjatuhan presiden secara langsung, tapi juga dari upaya untuk bertindak di luar jalur konstitusi yang ada.

 

 

Penulis : Edo Rifaldi / Foto : Liputan6.com

Editor : Noviani W

Dilansir dari Beberapa Sumber