Home Entertainment Gaya Hidup 7 Penemuan Terbaik di Tahun 2016 yang Mempermudah Hidup Manusia

7 Penemuan Terbaik di Tahun 2016 yang Mempermudah Hidup Manusia

1093
0
SHARE

20141024225136-flyer-with-no-link-4Diamma.com – Tahun 2016 sebentar lagi akan berakhir, di tahun ini semakin banyak inovasi baru yang diciptakan. Inovasi ini tidak hanya keren, akan tetapi lebih efektif, lebih pintar dan mempermudah hidup manusia.

Apa saja penemuan terbaik di tahun 2016 ini? Berikut daftarnya :

1.Morphe, helm sepeda lipat praktis

Jeff Woolf yang menciptakan helm ini menyadari pentingnya penggunaan helm saat bersepeda. Sayangnya, banyak orang yang enggan menggunakannya. Padahal, tanpa memakai helm kecelakaan akan semakin parah menghantam kepala. Ternyata alasannya simpel, orang-orang terlalu malas membawa helm karena ukurannya yang besar. Makadari itu Jeff Woolf menciptakan helm sepeda yang yang dapat dilipat dengan nama Morphe.

2.Nike Hyperadapt 1.0, sepatu pintar yang bisa menalikan talinya sendiri

Seperti di film Back to The Future dimana pada saat De Lorean mempunyai sepatu yang bisa menalikan sendiri. Nah, di tahun 2016 ini sepatu itu menjadi kenyataan berkat inovasi yang di ciptakan oleh Nike Hyperadapt 1.0 secara otomatis dapat melonggar kan dan merapatkan tali sepatu sesuai ukuran dan kenyamanan para pemakainya.

3.Quip, sisikat gigi pintar

Simon Eneverdan Bill May menciptakan sikat gigi pintar yang memiliki fitur unik. Misalnya, punya timer yang bergetar sesuai lamanya sikat gigi yang disarankan dan pengingat untuk mengganti kepala sikat gigi secara berkala. Rencananya, Quip akan dikembangkan dengan tambahan benang gigi secara 3in1 dalam satu genggaman.

4.Eatwell Assistive Tableware, peralatan makan anti tumpah

Karena melihat sang nenek yang menderita Alzheimer kesulitan makan, Sha Yao menciptakan peralatan makan yang anti tumpah. Setelah melakukan beberapa riset, akhirnya terciptalah Eatwell Assistive Tablewereini. Peralatan makan ini diciptakan untuk mereka yang menyandang kesulitan metorik agar bisa makan dengan nyaman, tanpa khawatir makanan tumpah sekalipun gerakan tangan tidak stabil.

5.Better Shelter, rumah penampungan swakarya

Better Shelter adalah rumah penampungan swakarya yang diciptakan oleh Ikea Foundation. Rumah ini dapat dibangun sendiri secara temporer, dilengkapi dengan pengunci pintu dan panel solar. Uniknya, Better Shelter beserta isinya dapat dibangun hanya dalam waktu kurang dari empat jam saja. Better Shelter ini diberikan untuk para pengungsi di seluruh dunia.

6.The Orange-Fleshed Sweet Potato, ubi penyelamat

Di sub-Saharan African, masalah kekurangan vitamin A dialami oleh lebih dari 43 miliar anak-anak dibawah usia 6 tahun. Hal ini mengakibatkan meningkatnya kebutaan, malaria, dan berbagai penyakit lainnya.

Melihat ini, para peneliti dari Harvest Plus dan the CIP membantu Negara untuk mencipakan ubi yang kaya akan vitamin A. Kuncinya adalah pada penyilang ubi local dengan ubi yang mengandung lebih banyak vitamin A.

7.Minimed 670G, pancreas buatan yang pintar

Minimed 670G adalah pancreas buatan yang diciptakan oleh Medtronic. Hanua dengan memasang alat seukuran iPod ditubuh, secara otomatis kadar gula akan dicek setiap lima menit. Jika ternyata insulin dalam tubuh kurang, maka Minimed670G akan langsung menyuntikkannya. Penggagas Minimed 670G  Fran Kaufman berharap, dengan adanya Minimed 670G diharapkan penderita diabetes tak perlu lagi kerepotan memperhatikan penyakitnya dan bisa menikmati hidupnya dengan lebih mudah.

Itu dia penemuan-penemuan di bidang sains dan teknologi sepanjang tahun 2016. Semoga di tahun-tahun yang akan datang semakin banyak inovasi-inovasi baru yang lebih mempermudah hidup manusia.

 

 

Penulis: Alya Farah Fauziah / Foto: times.com

Editor : Noviani w

Dilansir Dari Berbagai Sumber