Home Kampus Universitas Moestopo Rencanakan Student and Lecture Exchange

Universitas Moestopo Rencanakan Student and Lecture Exchange

837
0
SHARE

unnamed1Diamma.com – Senin (28/11/16), Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) kedatangan tamu  Dr. Tubagus Ahmad Darojat dari International College of Rajamangala Univesity of Technology Krungthep, Thailand.

Menurut Mediana Handayani selaku Kepala Biro Kerjasama dan Pengembangan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), kedatangan Tubagus untuk menyampaikan keinginannya menjalin kerjasama saling bertukar mahasiswa atau dosen.

“Dari rapat awal, Tubagus menyampaikan keinginannya untuk menjalin kerjasama secara sederhana yang memungkinkan pihak Moestopo dan Rajamangala University of Krungthep untuk saling bertukar mahasiswa atau dosen,” ujar Mediana.

Program student and lecture exchange ini, rencananya akan dilaksanakan selama satu semester penuh atau selama enam bulan. Namun, tidak semua fakultas yang ada di Moestopo dapat mengirimkan mahasiswa atau dosennya. Hal ini dikarenakan Rajamangala Univeristy of Krungthep merupakan universitas yang berfokus pada teknologi.

Jika hal ini dapat tercapai, Mediana mengatakan tidak ada persyaratan khusus agar dapat mengikutinya. Namun, mahasiswa dan dosen yang terpilih akan di berikan pengetahuan mengenai kultur agar tidak mencederai kerjasama.

“Walaupun tidak ada persyaratan secara kaku, score TOEFL nya harus berapa, tapi bahasa inggris adalah keharusan. Mahasiswa dan dosen yang pergi kesana di briefing dulu masalah kultur disana. Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan disana. Kita tidak ingin ketidaktahuan kita terhadap budaya dan norma-norma disana mencederai kerjasama kita,” ucapnya.

Mediana menambahkan harapannya agar rencana ini mendapatkan respon positif dari pihak Rajamangala University of Krungthep dan pihak Moestopo sendiri.

“Doakan saja semoga upaya kami disini bisa mendapatkan respon positif dan mudah-mudahan kita pun bisa mendapatkan tidak hanya sekedar respon positif dari pihak eksternal (pihak kampus disana), namun juga dari dalam kampus sendiri. Termasuk mahasiswanya, ketika membuat kerjasama, harapannya juga akan bermanfaat bagu mahasiswa dan berharap mahasiswa excited dengan program ini,” tutup Mediana.

 

 

Reporter : Muhammad Tarmizi / Foto : mdu-thiland.org

Editor : Noviani W