Home Entertainment Gaya Hidup Cegah Kanker Dari Sekarang

Cegah Kanker Dari Sekarang

756
0
SHARE

hari-kanker-sedunia_resizedDiamma.com – Hari ini, Kamis (04/02/15) merupakan hari Kanker Sedunia. Dengan memperingati hari kanker sedunia tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker. Pasalnya, berdasarkan data WHO di Asia Tenggara kanker setiap tahunnya merenggut sekitar 1,1 juta orang. Untuk mengurangi angka tersebut, masyarakat bisa melakukan pencegahan dengan cara bergaya hidup sehat dan segera melakukan pengobatan saat kanker masih terdeteksi secara dini.

Seperti yang diungkapkan Regional Director WHO, South East Asia, dr. Poonam K.S, bahwa upaya pencegahan dan pengobatan kanker merupakan upaya kerjasama banyak pihak. Mulai dari kebijakan aturan, komunitas, individu sampai program kesehatan pemerintah. Kurang lebih sebanyak 30 persen kematian yang disebabkan kanker adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, kelebihan berat badan, dan alkohol. Cara lain pengundang kanker juga bisa disebabkan oleh infeksi virus seperti virus hepatitis B, hepatitis C dan human papiloma virus.

Selain itu, konsumsi tembakau juga diperkirakan dapat menyebabkan terjadinya kasus kanker diseluruh dunia hinngga 22 persen. Di Asia Tenggara sendiri, kanker oral dan paru-paru adalah yang paling sering ditemui pada pria, sedangkan pada wanita terdapat kanker payudara dan serviks. Kanker dapat terdeteksi secara dini sehingga masyarakat bisa segera melakukan pengobatan. Contohnya yaitu kanker serviks, kanker payudara dan oral dapat segera diatasi jika terdeteksii dari dini dengan cara melakukan screening dan identifikasi tanda kanker itu sendiri.

 

Reporter : Ledya Maulidina S/ Foto : google.com

Editor : Kardina Chairunnisa

(dikutip dari berbagai sumber)