Home News TransAsia Jatuh di Taiwan

TransAsia Jatuh di Taiwan

1038
0
SHARE

TransAsia-ATR72-Jatuh_resizedDiamma.com – Maskapai penerbangan khususnya di Asia rupanya memang sedang diuji pada awal tahun 2015 ini. Belum lama pesawat Air Asia QZ8501 jatuh di perairan Selat Karimata, Kalimantan Tengah, kini tragedi tersebut menimpa pesawat TransAsia yang jatuh di Sungai Keelung di New Taipei City, Taiwan pada Rabu (04/02/15).

TransAsia Airways adalah maskapai yang berbasis di Taiwan dan telah beroperasi sejak 1951. Maskapai itu sebagian besar melayani penerbangan domestik, dan belum lama memperluas layanan rute internasional. Maskapai itu dimiliki oleh Golden Development & Construction Co Ltd.

Pesawat jenis ATR-72 tersebut terlihat bermanufer sebelum akhirnya terperosok ke sungai dengan kondisi terbalik. Pesawat juga nampak mengalami masalah beberapa saat setelah lepas landas. Hal itu terlihat dari beberapa foto yang diambil pengendara yang berjarak tak jauh dari pesawat. Pesawat tersebut terlihat masih terbang rendah dan miring ke kiri di atas sebuah jalan layang sebelum akhirnya jatuh.

Tercatat sebanyak 53 orang penumpang dan 5 orang kru berada dalam pesawat nahas ini. Hingga berita ini ditulis, Tim penyelamat Kota Taipei telah berhasil menyelamatkan 16 korban yang langsung dikerahkan ke rumah sakit. Sebanyak 9 orang tewas serta 28 orang hilang dan masih dalam proses pencarian.

Dewan penerbangan Taiwan mengatakan insiden itu merupakan yang kedua kalinya yang dialami oleh maskapai TransAsia setelah sebelumnya pada Juli 2014 jatuh di pulau Penghu saat berusaha melakukan pendaratan di tengah cuaca buruk.

 

Reporter : Annisa Pratiwi / Foto : mediajurnal.com

Editor : Kardina Chairunnisa

(dikutip dari berbagai sumber)