Home News Obama : Raja Abdullah Sosok Penting Ekonomi Global

Obama : Raja Abdullah Sosok Penting Ekonomi Global

898
0
SHARE

barack-obama-01Diamma.com – Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz Al Saud tutup Usia pada Jumat (23/01/15) pukul 01.00 waktu setempat. Raja Abdullah meninggal dunia setelah masuk rumah sakit sejak tanggal 31 Desember 2014 dan divonis menderita radang paru-paru (penunomia).

Tak hanya masyarakat Saudi, masyarakat dunia pun turut berduka atas kepergian Raja Abdullah. Hal tersebut dapat dilihat dari ucapan bela sungkawa masyarakat bahkan pemimpin dunia. Salah satunya yaitu Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.

“Dengan rasa hormat yang mendalam, saya mengungkapkan bela sungkawa secara pribadi dan simpati dari rakyat Amerika untuk keluarga Raja Abdullah bin Abdulaziz dan kepada masyarakat Arab Saudi,” ucap Obama dalam pernyataannya di Gedung Capitol, Washington DC.

Obama mengaku selalu menghargai perspektif Raja Abdullah dan persahabatan hangat yang dijalin keduanya. Ia juga menyatakan bahwa Raja Abudllah adalah raja yang jujur dan memiliki keberanian terhadap keyakinannya. “Salah satu keyakinan itu adalah kesetiaan dan keyakinan teguhnya terhadap pentingnya hubungan AS-Saudi sebagai kekuatan untuk stabilitas dan keamanan di Timur Tengah serta sekitarnya,” ucap Obama.
Tidak hanya itu, Obama juga menilai Raja Abdullah merupakan sosok penting dalam ekonomi global dan pemimpin di antara negara-negara Arab serta Islam. Obama mengatakan bahwa Raja Abdullah adalah seorang raja yang berani mengambil langkah dalam memajukan Arab Peace Initiative.

“Di dalam negeri, visi Raja Abdullah didedikasikan untuk pendidikan rakyatnya dan untuk keterlibatan lebih besar dengan dunia,” ujarnya. “Kedekatan dan kekuatan dari kemitraan antara dua negara merupakan bagian dari warisan Raja Abdullah,” ucap Obama.

Ucapan bela sungkawa juga datang dari pemerintah Indonesia, dalam Akun Twitter Kementrian Luar Negeri @portal_kemlu_RI “Indonesia turut berduka atas wafatnya Yang Mulia Raja Saudi Arabia,” tulis Twitter Kementerian Luar Negeri Indonesia.

 

 

Reporter : Annisa Pratiwi / Foto : tribunnews.com

Editor : Kardina Chairunnisa

(dikutip dari berbagai sumber)