Home News Raja Abdullah Wafat, Salman Bin Abdul Aziz Naik Tahta

Raja Abdullah Wafat, Salman Bin Abdul Aziz Naik Tahta

1156
0
SHARE

Desktop1Diamma.com – Raja Saudi Arabia Abdullah meninggal dunia pada Jumat dini hari waktu setempat. Abdullah wafat pada usia 90 tahun setelah sebelumnya menderita sakit yang berkepanjangan.

Setelah pihak medis menyatakan Abdullah wafat, pihak kerajaan langsung menetapkan pengganti dari Raja Abdullah. Penggantinya tersebut adalah Salman bin Abdul Aziz Al Saud yang merupakan saudara dari mendiang Raja Abdullah. Setelah ditunjuk sebagai pengganti Raja Abdullah, Raja Salman juga langsung menunjuk Muqrin sebagai putra mahkota dan pewaris kerajaan bila sewaktu-waktu dirinya meninggal dunia. Muqrin merupakan saudara tiri Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud.

“Yang Mulia Salman bin Abdulaziz Al Saud dan semua anggota keluarga dan rakyat berduka atas meninggalnya Wali Dua Masjid Suci Raja Abdullah bin Abdulaziz, yang meninggal dunia pukul satu dini hari tadi,” ujar pemerintah Saudi Arabia.

Abdullah telah menjadi raja Saudi sejak 2005 setelah meninggalnya Raja Fahd. Namun, secara tidak resmi Abdullah sudah memimpin Saudi selama sepuluh tahun karena saudara tirinya tersebut menderita stroke. Selama memerintah Saudi, Abdullah pun memperkenalkan pemilihan bagi para anggota dewan kota. Hal tersebut membawa suasana yang demokratis bagi pemerintahan lokal di Saudi. Selain itu, almarhum juga turut berperan membawa perubahan sosial dan ekonomi bagi Saudi sehingga menjadi dikenal sebagai raksasa produsen minyak dunia.

 

Reporter : Annisa Pratiwi / Foto : arabnews.com

Editor : Kardina Chairunnisa

(dikutip dari berbagai Sumber)