Home Kampus Kopma Wadah Untuk Mahasiswa Berwirausaha

Kopma Wadah Untuk Mahasiswa Berwirausaha

911
0
SHARE

Moestopo Entrepreneurship Center (MEC) mungkin sudah tidak terdengar asing di kalangan mahasiswa UPDM(B). Namun, bagaimana dengan Koperasi Mahasiswa (Kopma)?

(Foto: Dok Diamma)

Diamma.com – Kopma merupakan organisasi yang berada di bawah naungan MEC. “Kalau MEC itu kan sudah legal ditingkatan Universitas, sedangkan Kopma masih dibawah MEC,” ujar Siti Wulandari selaku ketua Kopma periode 2011-2012.

Seperti organisasi yang bergerak di bidang entrepreneur lainnya, Kopma berfungsi untuk mengajarkan kewirausahaan kepada para mahasiswa yang terlibat di dalamnya.

Seperti yang dijelaskan oleh Wulan ketika ditemui diamma.com. “Di Kopma, mahasiswa diajarkan berwirausaha, mengikuti pelatihan dan seminar, serta membuat bazaar,” katanya.

Lanjutnya, kegiatan yang telah berhasil dilakukan Kopma sendiri adalah pelatihan pembuatan coklat yang telah diadakan pada akhir tahun lalu.

Kedepannya, Kopma akan kembali mengadakan kegiatan serupa. “Kita mau ada bazaar, lomba buat coklat, dan turmen bulutangkis,” tuturnya

Namun sayangnya, antusiasme mahasiswa terhadap organisasi yang hanya memiliki struktur inti berupa ketua, bendahara, dan sekretaris ini tidaklah besar. “Dulu Kopma bisa menggaet mahasiswa dari FISIP, Fikom, serta FE. Tetapi sekarang Fikom mulai lepas,” ujar wanita berkerudung tersebut

Wulan menambahkan, kurangnya sosialisasi yang dilakukan pihak Kopma kepada mahasiswa, membuat pengetahuan mahasiswa terhadap Kopma masih sangat minim. Selain itu, mahasiswa yang memiliki minat terhadap wirausaha bisa dihitung jari jumlahnya.

Sejauh ini, bentuk sosialisasi yang dilakukan hanyalah lewat mulut ke mulut. Kedepannya, Kopma akan membuat sebuah event besar yang sekaligus akan menjadi ajang promosi bagi Kopma. Serta untuk mewadahi mahasiswa yang memiliki minat untuk berwirausaha ke dalam setiap kegiatan Kopma dan kios Kopma nantinya.

Sementara itu, keefektifan dan kemandirian akan menjadi tolak ukur Kopma nantinya, “Semoga bisa lebih efektif lagi kegiatan entrepreneurnya. Paling tidak kita bisa lebih mandiri secara finansial,” harap Wulan mahasiswi Fisip 2009

Reporter: Dila Putri / Foto: Dok Diamma

Editor: Tri Susanto S.