Home Travel Indahnya Pulau Kecil di Bumi Laskar Pelangi

Indahnya Pulau Kecil di Bumi Laskar Pelangi

620
0
SHARE
Pulau Lengkuas, di Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung

Oleh Yerri Wahyudi, Rionaldo / Foto: Yerri Wahyudi

Diamma – Pulau Belitung, merupakan  pulau kecil yang berada di antara Sumatera dan Kalimantan. Namun di pulau ini masih banyak terdapat pulau-pulau kecil di sekitarnya. Salah satunya Pulau Lengkuas yang memiliki daya pesona yang eksotis.

Bagi masyarakat setempat, keberadaan Pulau Lengkuas menjadi kebanggaan masyarakat Belitung. Merupakan objek wisata yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Awalnya, pulau ini hanyalah pulau biasa yang tidak berpenghuni dan jarang sekali didatangi para wisatawan. Namun sejak pulau Belitung mulai dikenal orang melalui film Laskar Pelangi barulah Belitung banyak didatangi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat ini adalah Pulau Lengkuas. Pulau kecil ini berada di Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung. Dapat ditempuh dengan perjalanan laut sekitar 30 menit dari kawasan pantai Tanjungbinga Kecamatan Sijuk.

Di pulau ini terdapat mercusuar yang sampai saat ini masih berfungsi untuk mengatur lalu lintas kapal-kapal yang memasuki perairan Belitung. Dari mercusuar inilah kita dapat menikmati keindahan laut pulau Belitung yang dikelilingi dengan hamparan pasir putih dan bebatuan besar yang mengelilingi pantainya. Mercusuar ini memiliki 18 lantai yang setiap lantainya terdapat 16 anak tangga. Jadi bisa dibayangkan harus menaiki 288 anak tangga untuk mencapai puncaknya, namun rasa lelah akan terbayar setelah menikmati panorama alam Pulau Belitung.

Salah satu wisatawan yang wartawan Diamma jumpai usai menaiki mercusuar mengaku kelelahan, tetapi semuanya terbayar setelah melihat keindahan laut yang membentang luas di atas sana. “Pemandangannya bagus sekali, tetapi lumayan capek untuk sampai di atas sana,” ucap Tri Rudianto, sambil menghela nafasnya. Lain lagi dengan Carla Primadona, ia mengaku tidak sanggup untuk sampai puncak mercusuar dan hanya mencapai lantai 8. “Dari lantai 8 sudah terlihat lumayan bagus kok pemandangannya,” tutur wanita berkerudung ini.

Karena pulau ini tidak berpenghuni, maka tidak ada hotel maupun penginapan disini. Para wisatawan yang biasa berlibur kesini hanya menikmati indahnya pulau ini kurang dari 24 jam. “Biasanya orang datang kesini pagi, pulang siang atau sore,” ucap salah satu petugas penjaga mercusuar.

Wisata pulau inilah yang sekarang menjadi alternatif liburan wisatawan lokal maupun mancanegara setelah berwisata mengelilingi kota Gantong Laskar Pelangi. Jadi bagi anda yang ingin berwisata keluar daerah ada baiknya memilih Pulau Belitung sebagai referensi liburan anda dan keluarga.