Home News Teknologi 5 Penyebab Ban Motor Sering Bocor Halus

5 Penyebab Ban Motor Sering Bocor Halus

90
0
SHARE
Cek tekanan angin pada ban motor. Foto: autoexpose/ Amrie Muchta

Diamma.com- Saat kamu sedang mengendarai motor, sering kali terjadi ban motor kekurangan angin. Otomatis kamu langsung mencari bengkel dan mengisi tekanan angin pada ban.

Namun, seminggu kemudian kamu merasa ban motor sudah kempes lagi. Jika kamu mengalami hal tersebut, kemungkinan ban motor kamu mengalami bocor halus.

(Baca Juga: Bersihkan Komponen Motor yang Berkarat Hanya dengan Baking Soda)

Bocor halus memang bisa terjadi secara tiba-tiba. Banyak faktor yang membuat ban motor mengalami bocor halus. Lalu apa sebenarnya penyebabnya ban motor sering bocor halus?

Melansir dari Federal Oil, berikut penyebab ban motor bocor halus:

1. Kondisi ban kurang bagus

Ban yang sudah berusia tua atau sudah cukup lama digunakan untuk melintasi jalan, tentu akan lebih mudah mengalami bocor halus. Hal ini dikarenakan permukaannya yang sudah mulai menipis akibat gesekan dengan aspal.

Selain itu, jika ban motor sudah terlihat aus atau gundul, sebaiknya segera diganti baru karena bisa memicu terjadinya bocor halus, juga dapat membahayakan keselamatan selama berkendara di jalan raya.

2. Bebatuan tajam

Jika sering melewati jalanan yang tidak rata atau berkerikil, hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor terjadinya bocor halus.

(Baca Juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Ban Motor Ukuran Lebih Lebar)

Terlebih jika melewati jalanan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Risiko kebocoran pada ban pun akan jauh lebih besar. Hal ini dikarenakan beberapa bebatuan di jalan memiliki permukaan cukup tajam.

Jika permukaan mengenai ban motor, sudah pasti akan mengalami kebocoran. Bahkan risiko terburuknya, ban motor bisa pecah sewaktu-waktu.

3. Velg penyok

Kondisi velg bengkok atau penyok juga sering menjadi salah satu alasan terjadinya ban motor bocor halus.

Ini biasa terjadi karena bagian velg yang penyok, memicu timbulnya rongga atau ruang kosong yang seharusnya terhubung dengan ban dengan rapat. Akibatnya, lewat rongga ini tekanan angin dalam ban pun akan terus keluar atau berkurang.

4. Kebocoran pada pentil

Penyebab ban motor bocor halus bisa terjadi karena faktor internal. Salah satunya dipengaruhi pentil ban motor yang kendor.

Seringkali para pemilik kendaraan tidak menyadari akan hal ini. Permukaan ban motor terlihat baik-baik saja, namun sebenarnya masalah terletak pada komponen pentil yang kendor atau tidak kokoh seperti sebelumnya.

Jika sudah demikian, solusi utama yang harus dilakukan adalah membawa motor ke bengkel.

(Baca Juga: Langkah-Langkah yang Wajib Dilakukan Setelah Motor Terendam Banjir)

5. Bocor bekas tambalan

Jika ban motor pernah mengalami bocor sebelumnya atau memiliki riwayat bekas tambalan, juga dapat memicu terjadinya bocor halus. Ini biasanya disebabkan oleh pengerjaan tambalan yang kurang rapi, sehingga masih terdapat sedikit permukaan ban yang terbuka.

Itulah beberapa faktor terjadinya ban motor mengalami bocor halus nih Diammania. Semoga bermanfaat!

Penulis: Rafid Ahmad Fauzi
Editor: Rianty Danista