Home Entertainment Gaya Hidup Wajib Diketahui! Ini Gejala Awal Terjadinya Gagal Ginjal

Wajib Diketahui! Ini Gejala Awal Terjadinya Gagal Ginjal

221
0
SHARE
Ilustrasi ginjal. Foto: halodoc.com

Diamma.com- Ginjal berfungsi sebagai penyaring yang dapat memisahkan limbah beracun dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Selain itu, ginjal bertugas untuk memproduksi hormon dan enzim yang mampu mengendalikan tekanan darah, membuat sel darah merah, serta menjaga tulang tetap kuat.

(Baca Juga: Dapat Merusak Ginjal, 3 Minuman Ini yang Harus Kamu Hindari)

Jika seseorang mengalami gagal ginjal, artinya ginjalnya kehilangan kemampuan untuk menyaring kotoran, mengontrol kadar air dalam tubuh, dan mengendalikan tekanan darah. Jika hal tersebut terjadi, maka racun dan cairan berbahaya terkumpul di dalam tubuh yang dapat memicu masalah kesehatan. Dengan itu, perlunya kamu mengecek atau mengetahui gejala gagal ginjal.

Berikut ini ada beberapa gejala yang akan muncul, jika ginjal kamu bermasalah:

1. Sering merasa lelah

Sering lelah disebabkan karena aktivitas yang terlalu banyak, hal tersebut menjadi salah satu tanda ada masalah pada ginjal. Jika ginjal bermasalah, sudah pasti ada penumpukan racun di dalam tubuh kotoran yang mengalir di dalam darah dan menyebabkan tubuh terasa cepat lelah.

2. Kesulitan tidur

Dengan kondisi penumpukan dan racun juga akan menyebabkan gangguan susah tidur serta dapat mudah stres, karena kadar toksin di dalam darah. Disamping itu, jika kulit kamu terasa kering dan gatal bukan mengindikasikan adanya penyakit kulit, tetapi juga bisa menandakan beberapa hal salah satunya ginjal yang sudah tidak mampu lagi menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi di dalam darah.

(Baca Juga: Makanan yang Berfungsi untuk Menjaga Kesehatan Ginjal)

3. Urine yang bercampur dengan darah

Dengan kondisi gagal ginjal akan menyebabkan sel darah merah bocor dan masuk ke dalam urine. Hal itulah yang membuat urine keluar bercampur dengan sel darah, serta juga dapat menyebabkan penyakit batu ginjal dan kanker krosta.

4. Pembengkakan di beberapa area tubuh

Dengan turunnya fungsi ginjal secara otomatis akan menyebabkan juga beberapa area tubuh menjadi bengkak, seperti pembengkakan mata. Kondisi tubuh seperti ini akan menimbulkan komplikasi pada organ hati, dan jantung.

Jika mengalami beberapa gejala seperti di atas dalam kurun waktu cukup lama, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, agar keluhan yang dirasakan segera diatasi dengan baik.

Penulis: Dinda Eliya Dewi
Editor: Rianty Danista