Home Entertainment Budaya Bangkit Kembali Industri Perfilman di Jakarta Film Week 2021

Bangkit Kembali Industri Perfilman di Jakarta Film Week 2021

43
0
SHARE
Jakarta Film Week 2021 di CGV Grand Indonesia. Foto: Diamma.com/ Naura Azzahra

Diamma.com- Jakarta Film Week (JFW) adalah festival film berskala Internasional yang mempersembahkan film dengan cerita yang luar biasa dari Indonesia serta dari berbagai negara.

Festival yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta, yang hadir di tengah situasi pandemi Covid-19 ini dengan membawa kembali kemeriahan melalui program-programnya.

JFW berlangsung pada 18-21 November 2021, diharapkan dapat membawa pesan bahwa Jakarta memiliki satu festival penting yang dapat mendukung kembali industri perfilman untuk bangkit, walaupun pada masa pandemi saat ini.

Di awal pembukaannya, JFW turut mengundang Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk menghadiri pembukaan JFW di Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada Kamis (18/11) lalu. Dalam sambutannya, Anies mempunyai harapan besar terhadap JFW, agar dapat membangkitkan semangat dunia perfilman kembali terutama di masa pandemi seperti ini.

Dilaksanakan di tiga lokasi berbeda, yaitu CGV Grand Indonesia, Ashley Wahid Hasyim Jakarta, dan Metropole XXI. Festival tahun pertama ini mengusung tema “Going The Distance”.

“Tema ini mengandung spirit untuk tangguh dan tetap bergerak maju terus mencipta, berkreasi dan menginspirasi melalui karya-karya film,” ujar Rina Damayanti, Festival Director Jakarta Film Week  dalam kata pengantarnya pada JFW program book.

Festival yang dibuka dengan menayangkan film “Ranah Tiga Warna”  oleh Guntur Soeharjanto dan ditutup dengan film “Whether the Weather is Fine (Kun Maupay Man It Panahon)” oleh Carlo Fransisco Manatad ini menuai banyak sekali antusias dari para pencinta film Indonesia ditandai dengan sold out-nya seluruh tiket film yang tayang pada JFW tahun ini.

Di akhir festivalnya, JFW mengumumkan film yang memenangkan empat kategori yang sudah ditentukan.

  1. Global Feature Award yang dimenangkan film Petite Maman (France/2021) oleh Céline Sciamma.
  2. Global Short Award yang dimenangkan film The Girls Are Alright (Malaysia/2019) oleh Gwai Lou.
  3. Direction Award yang dimenangkan film Dari Hal Waktu (Indonesia/2021) oleh Agni Tirta.
  4. Jakarta Film Fun Award yang dimenangkan film Ringroad (Indonesia/2021) oleh Andrew Kose.

Selain menayangkan 72 film, acara ditutup oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. JFW juga mengadakan program Masterclass, Talks, & Community yang melibatkan lebih dari 20 narasumber sebagai wadah bagi perkembangan kapasitas pekerja film profesional, ulasan mengenai isu-isu terkini di industri perfilman, dan penguatan komunitas film sebagai tulang punggung distribusi pengetahuan, sekaligus kecintaan terhadap film itu sendiri.

Nah Diammania, siapa yang kemarin ikut seru-seruan bareng di Festival Jakarta Film Week nih? Semoga bertemu di Jakarta Film Week selanjutnya ya!

Penulis: Naura Azzahra Kamila
Editor: Rianty Danista