Home News Internasional Fabio Quartararo, Pembalap Prancis Pertama Juara Dunia MotoGP

Fabio Quartararo, Pembalap Prancis Pertama Juara Dunia MotoGP

78
0
SHARE
Fabio Quartararo, Juara Dunia MotoGP 2021. Foto: MotoGP

Diamma.com– Fabio Quartararo menjadi pembalap Prancis pertama yang menjadi juara dunia MotoGP. Tak disangka Grand Prix Emilia Romagna 2021 menjadi tempat munculnya juara dunia MotoGP 2021.

Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo berhasil menggasak gelar juara dunia MotoGP 2021. Fabio sukses mengunci gelar di sirkuit Misano pada Minggu (24/10).

Fabio juara dunia setelah Francesco Bagnaia crash di lima lap terakhir MotoGP Emilia Romagna 2021. Ia finish posisi empat di belakang Enea Bastianini yang sukses merenggut posisi ketiganya.

Fakta uniknya, Fabio menjadi pembalap Prancis pertama yang menyabet gelar juara dunia MotoGP. Sepanjang perjalanan MotoGP dan GP500, tidak ada pembalap Prancis yang menjadi juara dunia ajang balap motor terbesar di dunia itu.

Kebanyakan juara MotoGP datang dari pembalap Spanyol seperti Marq Marquez dan Jorge Lorenzo. Serta pembalap Italia seperti Valentino Rossi dan Giancomo Agostini.

Setelah sekian lama, akhirnya ada pembalap Prancis yang menjadi juara dunia MotoGP. Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri untuk negara Prancis dengan munculnya pembalap muda yang sangat berbakat yaitu Fabio Quartararo.

Pembalap berjulukan El Diablo itu dipercaya untuk naik kelas MotoGP yang dipilih oleh Petronas Yamaha SRT pada 2019 lalu. Tak sia-sia, Fabio berhasil menduduki peringkat lima dan keluar sebagai Rookie of The Year.

Lanjut di musim 2020, meski dapat motor spek pabrikan performa, ia naik turun yang membuatnya hanya finish peringkat delapan. Meski begitu, pembalap Prancis itu mendapatkan tiket menjadi pembalap tim Yamaha pabrikan untuk musim 2021.

Pada musim 2021, Fabio memiliki banyak perkembangan. Ia menjadi satu-satunya pembalap yang konsisten selama musim 2021. Pasalnya, ia belum pernah kecelakaan pada sesi balap MotoGP musim ini. Tentunya hal ini juga yang membuat Fabio bisa menjuarai MotoGP 2021.

Penulis: Rafid Ahmad Fauzi
Editor: Rianty Danista