Home News Trik Murah Mengatasi Handgrip yang Kendur

Trik Murah Mengatasi Handgrip yang Kendur

74
0
SHARE
Melilit lakban kertas di stang motor.
Foto: Ryan/Motorplus-Online.

Diamma.comHandgrip merupakan salah satu komponen motor yang berada di area stang, tujuannya sebagai pegangan agar pengendara bisa nyaman saat ingin pergi keluar mengendarai motor.

Terbuat dari bahan karet, tentunya handgrip sendiri memiliki usia pakai yang berbeda-beda, tergantung jenis dan kekuatan bahan yang digunakan. Handgrip yang sudah termakan usia biasanya akan semakin kendur. Handgrip yang kendur akan membuat pengendara kurang nyaman dalam berkendara.

Ternyata terdapat trik untuk menyiasati handgrip yang kendur menjadi nyaman kembali. Cara ini juga mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah. Menurut Narko, pemilik bengkel C&C Jaya Motor di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Caranya cukup siapkan lakban kertas atau masking tape dan lilitkan di bagian batang stang tempat handgrip berada,” katanya.

Karena tekstur lakban kertas yang kesat, membuat handgrip yang kendur tidak licin kembali saat dipegang.

“Untuk lilitan lakbannya tidak perlu terlalu tebal, yang penting seluruh permukaan besi tertutup dan tidak ada permukaan besi licin yang tersisa,” tutur Narko.

Selain karena usia pakai, handgrip yang kendur bisa terjadi akibat terpapar panas matahari, sering terkena hujan dan kemasukan air sabun saat mencuci motor.

Cara ini lebih efektif menekan biaya pengeluaran ketimbang harus membeli handgrip baru bawaan pabrik ataupun aftermarket yang harganya jauh lebih mahal. Apalagi handgrip aftermarket yang universal biasanya ada yang lubangnya lebih besar sehingga bisa mengeluarkan biaya lebih lagi untuk memperbaikinya.

Nah, seperti itu triknya Diammania!, semoga bermanfaat.

Penulis: Rafid Ahmad Fauzi
Editor: Donny Alamsyah