Home Entertainment Gaya Hidup Berikut Panduan Isolasi Mandiri yang Benar di Rumah

Berikut Panduan Isolasi Mandiri yang Benar di Rumah

124
0
SHARE
Ilustrasi isolasi mandiri. Foto: CNNIndonesia.com

Diamma.com- Kasus Covid-19 di Indonesia semakin parah setiap harinya. Terhitung dari (26/6) kasusnya mencapai 9.271 orang yang terpapar Covid-19. Akibat dampak kenaikan angka ini, banyak rumah sakit dan wisma penampungan pasien Covid-19 yang penuh serta kewalahan dalam menangani pasien. Dengan itu, banyak pasien yang diharuskan untuk isolasi mandiri di rumah, guna meminimalisir penumpukan pasien di rumah sakit.

(Baca Juga: Sederet Artis Tanah Air yang Terpapar Covid-19)

Bagi yang terpapar Covid-19, banyak masyarakat yang masih khawatir dan bingung perihal apa yang harus mereka lakukan untuk isolasi mandiri di rumah. Maka perlunya panduan isolasi mandiri yang benar, agar cepat sembuh dari Covid-19. Berikut panduannya:

1. Siapkan Ruangan Terpisah

Ketika terpapar Covid-19, pasien harus isolasi di ruangan terpisah agar tidak membahayakan anggota keluarga yang lain serta untuk menjaga orang sekitar untuk tidak tertular. Jika ini tidak memungkinkan, maka pasien harus memiliki bagian rumah yang ditentukan dan membatasi pergerakan pasien di sekitar rumah.

Selain itu, sangat penting untuk memiliki ventilasi udara yang baik di dalam ruangan pasien, agar udara di dalam ruangan tetap segar dan bersih.

2. Selalu Memakai Masker

Ketika isolasi mandiri, baik pasien ataupun anggota keluarga lain, wajib menggunakan masker ketika melakukan kontak fisik. Mereka juga harus memastikan untuk selalu mencuci tangan, mensterilisasi rumah secara rutin, serta menjaga jarak.

(Baca Juga: Tambah 8.189, Kasus Covid-19 Indonesia Masih Menduduki Peringkat 18 Seluruh Dunia)

3. Gunakan Alat Makan Terpisah

Pasien yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri harus memiliki alat makan terpisah. Juga pentingnya alat makan pasien dicuci dengan sabun dan air setidaknya sekali sehari. Setiap sisa makanan atau sampah dari ruangan pasien harus dikemas dengan aman dan segeralah dibuang. Disamping itu, setiap permukaan yang disentuh pasien harus dibersihkan dan didesinfeksi setiap hari.

4. Cek Kondisi Teratur

Saat melakukan isolasi mandiri di rumah, penting untuk memantau kondisi pasien secara teratur. Beberapa pasien mungkin mengalami gejala sesak nafas, dan perlu untuk mengukur saturasi oksigen dengan alat oksimetri nadi. Ini adalah perangkat medis yang memantau oksigen darah. Selain itu, penting bagi pasien untuk memiliki instruksi yang jelas tentang cara menggunakannya.

(Baca Juga: Mutasi Virus Covid-19 dari India Sudah Masuk RI)

Itulah empat panduan isolasi mandiri di rumah untuk pasien Covid-19. Maka dari itu, sangat penting menerapkan pola hidup sehat secara teratur dan makan makanan bergizi. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 6M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun yang mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama.

Penulis: Naura Azzahra Kamila
Editor: Donny Alamsyah