Home News Memiliki Segudang Manfaat, Berikut 5 Khasiat Buah Malaka

Memiliki Segudang Manfaat, Berikut 5 Khasiat Buah Malaka

108
0
SHARE
Buah malaka yang memiliki banyak manfaat.
Foto : food.ndtv.com

Diamma.com- Buah malaka atau biasa disebut dengan buah amla merupakan jenis buah-buahan yang dikenal baik untuk kesehatan. Buah yang memiliki nama ilmiah Phyllanthus emblica ini tumbuh di beberapa bagian wilayah Asia, terutama India.

(Baca Juga: Dikenal Bau, Ini 3 Manfaat Petai Bagi Tubuh)

Tak hanya buahnya saja yang memiliki segudang manfaat, daun serta bijinya juga sering kali dijadikan obat herbal di India. Selain itu, buah malaka juga mengandung banyak nutrisi, seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, berbagai jenis vitamin, hingga potassium yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Walaupun memiliki rasa yang asam dan pahit, terdapat banyak sekali khasiat yang terkandung di dalamnya. Berikut 5 khasiat buah malaka yang telah dirangkum oleh Diamma.com:

1. Mengurangi resiko diabetes

Buah malaka dipercaya dapat mengurangi resiko diabetes karena memiliki kandungan serat tinggi yang berguna untuk mengontrol gula, Ekstrak dari buah ini juga mampu untuk mengikat enzim khusus dalam usus kecil dan mencegah perihal pemindahan gula dari usus ke aliran darah.

Berdasarkan penelitian oleh International Journal of Food Sciences and Nutrition tahun 2011, tercatat pada 32 orang yang mengonsumsi 1-3 gram buah malaka setiap hari selama 21 hari secara signifikan dapat menurunkan kadar gula darah pasca makan, dibandingkan dengan kelompok yang tidak.

2. Menurunkan resiko kanker

Menurut jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity tahun 2015, ekstrak buah malaka berpotensi memiliki peran penting dalam pencegahan kanker karena adanya aktivitas antioksidan.

Hal tersebut dapat terjadi karena buah malaka mengandung zat anti kanker yaitu folat, senyawa fenolik, dan vitamin C dan E untuk pencegahan, mengurangi, serta menangkal kanker.

(Baca Juga: Dengan Konsumsi 7 Makanan ini Dapat Menjaga Kesehatan Mata)

3. Mencegah penuaan dini

Buah malaka menghasilkan fitonutrien yang bermanfaat untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari dan serangga.

Terdapat pula penelitian yang membuktikan bahwa buah ini dapat mencegah penuaan dini, dalam jurnal Pharmaceutical Biology tahun 2016, buah malaka dapat membantu mencegah kerusakan kolagen, yang membentuk matriks protein yang kuat dan fleksibel pada jaringan kulit.

4. Membantu meredakan gejala batuk dan pilek

Salah satu gejala ringan pada Covid-19 adalah batuk dan pilek sehingga mengharuskan kita untuk menjaga serta memperkuat sistem pernapasan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala batuk dan pilek adalah dengan mengonsumsi buah malaka karena didalamnya terdapat kandungan Vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

(Baca Juga: Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan Tubuh)

5. Membangun imunitas tubuh

Menjaga serta membangun imunitas tubuh merupakan salah satu hal terpenting saat masa pandemi Covid-19 ini, dengan begitu kita dapat meminimalisir masuknya virus ke dalam tubuh.

Mengonsumsi buah malaka juga dapat membangun imunitas, karena mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi pada jaringan tubuh yaitu polifenol, alkaloid, dan flavonoid.

Penulis: Audria Dwi Kusuma
Editor: Donny Alamsyah