Home News Petronas Yamaha Cari Pengganti Valentino Rossi untuk Tahun 2022

Petronas Yamaha Cari Pengganti Valentino Rossi untuk Tahun 2022

78
0
SHARE
Valentino Rossi menunggangi motor Petronas Yamaha.
Foto: motogp.com

Diamma.com– Pembalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi sampai saat ini belum meraih hasil memuaskan pada MotoGP 2021. Juara dunia 9 kali itu saat ini hanya mencetak 15 poin dari enam seri balapan yang sudah bergulir.

The Doctor hingga berita ini naik masih terdampar di papan bawah klasemen MotoGP 2021 dengan berada pada urutan ke-19, hasil tersebut akan menjadi pertimbangan kapan dia akan pensiun.

Saat ini Petronas Yamaha SRT sedang mencari pembalap yang akan mengisi tempat di MotoGP 2022. Seperti yang sudah beredar bahwa Rossi hanya menekan kontrak satu tahun bersama Petronas Yamaha dan klausul itu akan berakhir musim ini.

Terdapat tiga nama yang bocor ke media tentang kandidat kuat yang mungkin bisa menjadi pengganti legenda hidup MotoGP ini jika ia benar-benar pensiun. Kandidat pertama yaitu dari pembalap debutan Moto2, Raul Fernandez.

Saat ini Raul menduduki peringkat ke-2 Moto2 musim 2021. Perekrutan ini akan sulit bagi Petronas Yamaha karena Fernandez saat ini berada di bawah naungan KTM Red Bull. Meski begitu, Razlan Razali selaku bos Petronas Yamaha bersama Manajer tim Yamaha, Lin Jarvis dilaporkan sudah bertemu pada akhir pekan ini untuk membicarakan peluangnya pindah dari KTM.

Adapun kandidat kedua yaitu Joe Roberts, yang tahun lalu telah menolak pinangan tim Aprilia untuk debut di MotoGP 2021. Ada kemungkinan bagi Roberts untuk mengisi tempat di MotoGP 2022 menggantikan Rossi.

Sedangkan kandidat ketiga adalah pembalap Moto2 dari tim Petronas sendiri, Xavi Vierge. Saat ini Xavi sedang berada di posisi ke-11 klasemen Moto2 musim ini.

Di sisi lain pembalap Petronas Yamaha saat ini, Franco Morbidelli yang sekarang masih memakai Yamaha M1 2019 A disebut akan mengambil alih motor pabrikan milik Rossi. Sebelumnya. Morbidelli sendiri pernah berujar bahwa ia telah memiliki kontrak untuk menetap bersama Petronas Yamaha pada tahun 2022.

“Saya masih tidak tahu motor apa (versi baru atau lama) yang akan saya pakai di musim depan, tetapi saya akan membalap untuk Petronas,” kata Morbidelli melansir dari Autosport.

Namun, sumber terdekat dari Morbidelli berujar bahwa ada kemungkinan dia membatalkan kesepakatan dengan Petronas jika ada tawaran dari Monster Energy Yamaha.

“Ada klausul dalam kontrak Franco yang memungkinkan dia meninggalkan timnya (Petronas) jika ada tawaran dari tim pabrikan,” ucap sumber tersebut.

Kemungkinan Morbidelli naik ke tim pabrikan Monster Energy Yamaha pada MotoGP 2022 cukup terbuka, lantaran adanya kabar keretakan hubungan Vinales dan Yamaha baru-baru ini.

Vinales belum menandatangani perpanjangan kontraknya bersama Monster Energy Yamaha yang akan habis akhir tahun 2021 ini. Jika semua kemungkinan itu terjadi, Petronas Yamaha SRT akan sibuk mencari dua pembalap pengganti untuk MotoGP musim depan.

Penulis: Rafid Ahmad Fauzi
Editor: Donny Alamsyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here