Home Travel Kuliner 4 Khasiat Mengkonsumsi Pare Bagi Kecantikan

4 Khasiat Mengkonsumsi Pare Bagi Kecantikan

148
0
SHARE
Potret jus Pare.
Foto: hindustantimes.com

Diamma.com– Peria atau pare adalah tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama di India bagian barat yakni Assam dan Burma. Pare biasanya dapat dijadikan sebagai sayur maupun lalapan yang juga diyakini terdapat banyak khasiat bagi kesehatan tubuh hingga kecantikan.

Pare dikenal dengan rasa pahitnya sehingga sayuran satu ini bukan merupakan favorit untuk beberapa kalangan masyarakat terutama anak-anak dan remaja. Meski Pare memiliki rasa pahit, namun terdapat nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh serta kecantikan.

Kandungan yang terdapat di dalam Pare ialah nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik serta juga terkandung mineral seperti magnesium, mangan, potassium, dan sang.

Mengkonsumsi Pare dapat menyebabkan berbagai manfaat untuk kecantikan kulit wajah, sehingga kita di masa pandemi ini tidak perlu repot untuk mengunjungi dokter kecantikan. Berikut ini cara merawat wajah dan kulit dengan menggunakan Pare sebagai bahan utamanya.

1. Membersihkan wajah

Cara yang digunakan untuk membersihkan wajah menggunakan bahan alami tanpa pengawet yakni dengan mencampurkan dua buah Pare yang telah dipotong dan tidak ada bijinya, kemudian campur dengan kulit jeruk yang telah dikeringkan di bawah sinar matahari selama 2-3 hari.

Setelah kedua bahan tercampur, lanjut  haluskan menggunakan bantuan mixer. Langkah terakhir setelah olahan tersebut menjadi pasta, lanjut dengan mengoleskan ke bagian wajah juga leher lalu tunggu sampai kering dan bilas dengan air mengalir.

2. Sebagai obat jerawat

Mengkonsumsi Pare dapat membantu menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit serta melindunginya dari infeksi. Kandungan yang terdapat di dalam pare membuat wajah tetap kering karena sifat antioksidannya, sehingga untuk anda yang memiliki wajah berminyak dapat mencegah kembali datangnya jerawat di wajah.

Cara mengkonsumsinya bisa dengan cara dijus sehingga khasiat dari Pare ini dapat membuat kulit terlihat sehat dan lebih muda.

3. Membuat rambut dan wajah lebih berkilau

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam Pare serta nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin C, Biotin dan Zinc memberikan kilau pada rambut dan wajah tampak berseri.

Mengoleskan jus Pare langsung ke kulit kepala dan wajah sehingga dapat mengurangi rambut rontok, rambut beruban, mengatasi rambut bercabang dan menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya yakni dengan mengoleskan dan dibiarkan selama 30 menit sambil dipijat secara santai kemudian bilas dengan air.

4. Mencegah penyakit gangguan kulit

Konsumsi pare dengan di makan langsung seperti sayuran ataupun lalapan dan bisa juga seperti minum jus tidak mempengaruhi kadar kandungan di dalamnya.

Dengan memakan pare khasiat nutrisi serta mineral di dalamnya dapat melawan dan membuang radikal berbahaya yang berpotensi membahayakan tubuh, sehingga kulit dapat terlindungin dari serangan sinar ultraviolet serta menghambat proses penuaan dan menjadikan wajah kita terlihat tampak lebih muda dan berseri.

Penulis: Siti Anissa
Editor: Donny Alamsyah