Home Entertainment Gaya Hidup 3 Cara Membangun Kesan Pertama yang Baik Terhadap Seseorang

3 Cara Membangun Kesan Pertama yang Baik Terhadap Seseorang

80
0
SHARE
Orang sedang berjabat tangan. Foto: Kompas.com

Diamma.com- Membangun kesan baik terhadap seseorang sangatlah penting. Tidak dapat dipungkiri jika kita memberikan kesan baik terhadap seseorang, seseorang itu akan melihat bagaimana diri kita.

Membangun kesan baik juga memberikan banyak manfaat, seperti mudah mendapatkan teman, mudah dipercaya, bahkan mudah mendapatkan pekerjaan. Jadi, sangat penting untuk kamu pahami nih Diammania!

“Kesan yang anda buat dapat memengaruhi peluang kerja, kolaborasi, atau hal penting lainnya di masa mendatang,” ujar James Uleman, mengutip dari pijarpsikologi.org.

Kesan pertama sangat menentukan kelanjutan hubungan kita dengan seseorang yang kita temui. Lalu, bagaimana cara untuk membangun kesan baik terhadap seseorang? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Datang Tepat Waktu

Ini menandakan kita adalah orang yang disiplin, menghargai waktu dan juga menghargai orang lain yang akan kita temui. Datang tepat waktu, bisa kita manfaatkan untuk mempersiapkan diri sebelum bertemu orang yang ditemui. Tentunya, membantu kita untuk lebih tenang dan menyesuaikan diri dengan tempat pertemuan.

2. Minimalisir Penggunaan Gadget

Saat bertemu dengan orang baru, usahakan agar tidak terlalu sering membuka gadget, perilaku seperti itu akan membuat orang yang baru kita temui merasa tidak dihargai. Mengurangi penggunaan gadget, sebagai bentuk perhatian kita atas topik pembicaraan dengan orang yang baru. Simpanlah gadget dan tetaplah fokus pada lawan bicara.

3. Jangan Tunjukkan Suasana Hati yang Buruk

Memang sulit untuk mengontrol suasana hati. Sebisa mungkin saat kita bertemu dengan orang baru, kita harus bisa membuatnya merasa nyaman. Jangan sampai karena keadaan kita yang sedang tidak baik, membuat orang yang kita temui juga ikut merasakannya.

Jika tidak bisa mengontrol suasana hati yang sedang buruk, lebih baik tunda saja pertemuannya. Atau, kita bisa memperbaiki suasana hati sebelum bertemu dengan orang lain, dengan cara mendengarkan musik dan menonton video lucu untuk menghibur diri, serta bisa dengan cara sendiri yang kamu punya. Sikap negatif akan mudah menular pada orang lain. Jadi, penting untuk membawa sikap positif ketika berinteraksi dengan orang lain.

Inilah tiga cara dalam membangun kesan pertama yang baik terhadap seseorang. Poin di atas sangatlah penting untuk kamu lakukan. Berikan kesan baik saat bertemu dengan orang baru ya, Diammania!

Penulis: Rafid Ahmad Fauzi
Editor: Rianty Danista