Home Entertainment 5 Anime Bertemakan Sejarah, Salah Satunya Buatan Indonesia

5 Anime Bertemakan Sejarah, Salah Satunya Buatan Indonesia

206
0
SHARE
Battle of Surabaya. Foto: animebatch.org

Diamma.com- Beberapa masyarakat Indonesia, ada yang memiliki hobi menonton anime yang ber-genre horor, petualangan, dan komedi. Tak hanya genre itu saja, kali ini Diamma.com akan menyajikan beberapa anime ber-genre sejarah yang tidak kalah menarik dengan lainnya. Berikut lima anime yang wajib kamu tonton, simak yuk!

1. The Cockpit (1994)

Cover video anime The Cockpit. Foto: anidb.net

Menceritakan berbagai kisah tentang angkatan udara dan angkatan laut era Perang Dunia II. Pada episode pertama, anime ini bercerita tentang Haartmann yang berasal dari Jerman. Dirinya mengabdi untuk angkatan udara Nazi Jerman.

Pada episode kedua, detik-detik terakhir pilot jet Yokoshuka Ohka Jepang bernama Nogami. Selanjutnya, sebuah janji seorang prajurit Jepang yang sedang ditugaskan di kepulauan Leyte, Philipina pada saat itu berusaha diambil alih kekuasaannya oleh Amerika Serikat.

2. Drifters (2016)

Drifters. Foto: wallpapercave.com

Anime yang mengangkat cerita para tokoh sejarah Jepang (beberapa karakter berasal dari luar Jepang) ini diadaptasi dari komik yang berjudul ‘Drifters’. Berlatar belakang perang Sekigahara yang melibatkan kubu klan Tokugawa Iehasu dan Klan Shimazu.

Toyohisa Shimazu mengalami kekalahan, sehingga harus menyusul pamannya yang sudah sampai duluan ke markas besarnya. Namun, ketika memasuki hutan ia tiba–tiba masuk ke sebuah portal ‘Isekai’ oleh pria aneh bernama Murasaki. Sesampainya di sana, ia bertemu dengan Nobunaga Oda, Yoichi Suketaka dan Kanno Naoshi. Di Isekai mereka berperang melawan anggota ‘End’.

3. Hetalia (2009)

Hetalia. Foto: www.desktopnexus.com

Anime ini, para karakternya dinamakan dengan nama-nama negara. Di sini kita akan melihat Jerman, Jepang dan Italia. Namun, tidak hanya ketiga tokoh ini saja yang tampil, melainkan masih banyak karakter–karakter yang terdiri dari berbagai macam negara.

Sebelum Hetalia diciptakan dalam bentuk animasi, Hetalia sendiri diciptakan dalam bentuk webcomic. Dalam perkembangannya, Himaruya selaku pengarang Hetalia sendiri sudah berhasil membuat beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris Raya dan Kanada. Hetalia kembali tayang pada 1 April 2021, dengan judul; Hetalia World Stars.

4. The Battle of Surabaya (2015)

Battle of Surabaya. Foto: qubiz.net

Film anime ini merupakan karya anak bangsa yang menceritakan kondisi kota Surabaya saat masa peralihan dari pendudukan Jepang menjadi pendudukan sekutu. Di sini penonton akan disuguhkan dengan kisah heroik Musa beserta kawan-kawannya berjuang mengusir para penjajah. Musa tidak hanya mengatasi penindasan yang dilakukan oleh pasukan sekutu, melainkan juga harus melawan kawannya yang berkhianat.

5. Joker Game (2016)

Joker Game. Foto: https://wall.alphacoders.com

Anime ini berlatar belakang bahwa Jepang sedang proses menuju peristiwa berdarah yang sudah kita kenal, yakni Perang Dunia II. Jepang baru saja membuat suatu organisasi bernama D-Agency yang eksistensinya jarang diketahui oleh para petinggi militer Jepang.

Melansir dari Jurnalotaku.com, animasi buatan Jepang ini diadaptasi dari novel mister karya Koji Yanagi yang berhasil mendapatkan penghargaan Mystery Writers of Japan pada tahun 2009.

Penulis: Devan Aidan Grimaldi
Editor: Donny Alamsyah