Home Kampus Untuk Pertama Kalinya LPM Diamma Melaksanakan PAB Secara Daring

Untuk Pertama Kalinya LPM Diamma Melaksanakan PAB Secara Daring

330
0
SHARE
Foto bersama pengurus dan anggota baru LPM Diamma diakhir acara Pelantikan Anggota Baru.
Foto: Diamma.com/ Audria Dwi Kusuma

Diamma.com– Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Diamma Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) mengadakan Pelantikan Anggota Baru (PAB) untuk angkatan ke-22 yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu 3-4 April 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting.  

PAB tahun ini dilaksanakan secara daring, langkah tersebut diambil untuk tetap menciptakan rasa aman bagi setiap individu yang mengikuti acara di tengah situasi pandemi saat ini.

Fadhli Hidayat selaku pembawa acara PAB 2021 mengungkapkan bahwa adanya sedikit perbedaan dalam mengatur jalannya acara yang berlangsung online, mulai dari perihal komunikasi yang terbatas, gangguan jaringan, dan mengatur rangkaian kegiatan supaya kegiatan tetap berjalan secara berurutan.

“Menurut saya keseruan menjadi pembawa acara offline dan online sama saja, yang membedakan hanya dari segi penyampaian ketika daring seperti ada batasan kepada audience,” ucapnya.

PAB ini mengangkat tema responsibilitas, juga didukung dengan penggunaan background bernuansa biru pada saat berlangsungnya acara. Memiliki makna yang berhubungan dengan seluruh rangkaian kegiatan, diikuti oleh calon anggota.

Pelaksanaan kegiatan juga dibuka secara formal, mulai dari pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Pemimpin Umum LPM Diamma, dan sambutan oleh Ketua Pelaksana PAB.

Pada hari pertama, calon anggota menerima berbagai materi yang berkaitan dengan jurnalistik dan organisasi, mulai dari mengulas materi yang telah diterima pada saat pra PAB, materi kepemimpinan, hingga penjelasan materi dari berbagai divisi di LPM Diamma.

Tidak hanya itu, calon anggota juga dilatih dalam keaktifan menjawab pertanyaan dan bertanya pada kesempatan sesi yang diberikan. Juga turut diajak untuk mengisi kuesioner tentang kepemimpinan untuk mengetahui seberapa besar motivasi leadership tiap masing-masing indivdu.

Terdapat pula dua kegiatan yang dapat melatih kemampuan berbicara dan pengetahuan. Di mana setiap calon anggota menjawab pertanyaan dengan topik yang luas, ada juga sesi debat antar calon anggota dengan tema permasalahan di Indonesia.

Salah satu anggota baru, Nandhika Sukma mengatakan bahwa mengikuti PAB ini mendapatkan banyak hal baru yang mampu membuat dirinya percaya diri dan menambah wawasan pengetahuan.

“Makna yang bisa saya dapatkan yaitu kepercayaan diri, melatih mental, mampu untuk berpikir kritis, dan menjawab cepat,” ujarnya.

Pada hari kedua, calon anggota dilatih untuk membuat buletin dengan rubrik yang berbeda, yang hasilnya akan dikoreksi untuk mengetahui kesalahan yang terdapat pada penulisan. Acara juga dihadirkan oleh beberapa alumni dari LPM Diamma yang menceritakan pengalaman, pesan-pesan, dan memberi arahan pada penulisan.

Calon anggota yang resmi dilantik sebanyak enam orang sudah mengikuti kegiatan selama dua hari, dari awal sampai akhir acara.

Berikut daftar anggota baru LPM Diamma yang telah resmi dilantik pada kegiatan PAB Online:

  1. Kevin Riady (2020-41-157) – FIKOM
  2. Rafid Ahmad Fauzi (2020-41-083) – FIKOM
  3. Aryo Hadi (2020-41-057) – FIKOM
  4. Naura Azzahra (2019-41-192) – FIKOM
  5. Nandhika Sukma (2020-41-133) – FIKOM
  6. Anggi Pavilda (2020-41-102) – FIKOM

Penulis: Kevin Riady
Editor: Donny Alamsyah