Home News Nasional Melalui Kerja Sama dengan WhatsApp, Upaya Pemerintah Dalam Melancarkan Vaksinasi Covid-19

Melalui Kerja Sama dengan WhatsApp, Upaya Pemerintah Dalam Melancarkan Vaksinasi Covid-19

316
0
SHARE
Penyerahan knowledgement letter dari Kemenkes kepada WhatsApp dan Facebook dalam edukasi dan peningkatan akses vaksinasi Covid-19. Foto: Tangkapan Layar YouTube Kementrian Kesehatan

Diamma.com- Pemerintah telah mengupayakan dalam penanggulangan Covid-19 salah satunya vaksinasi. Tujuannya untuk herd immunity atau kekebalan kelompok. Acara penyerahan knowledgement letter dari Kemenkes kepada WhatsApp dan Facebook dalam edukasi dan peningkatan akses vaksinasi Covid-19.

Sekjen Kemenkes RI, Oscar Primadi juga menegaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi Kemenkes dapat bekerja sama dengan berbagai lini untuk mendukung vaksinasi Covid-19. Salah satunya, dukungan di sektor telekomunikasi dengan perusahaan-perusahaan Start-Up.

“Upaya dukungan vaksinasi, Facebook sebagai entitas media sosial yang besar di dunia menawarkan kepada pemerintah untuk memberikan pembebasan biaya pesan terstruktur yang dikirim kemenkes kepada penerima vaksin,” kata Oscar.

(Baca Juga: Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama Hadir dalam Upaya Mempercepat Vaksinasi Nasional)

Vice President Kebijakan dan Komunikasi WhatsApp, Victoria Grand mengatakan bahwa acara ini akan memudahkan dalam proses program vaksinasi.

“Prioritas vaksinasi di seluruh dunia, WhatsApp mendukung untuk proses yang aman dan mudah dalam mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin. Informasi detil juga akan diberitahu melalui WhatsApp dengan kapan dan di mana untuk prosesi vaksinasi. Serta, terima kasih sudah mempercayai WhatsApp untuk mendukung bekerja sama menanggulangi dalam masa sulit ini,” ungkapnya.

Ruben Hartari juga menambahkan dari kerja sama ini, upaya dengan mendirikan Chatbot pertama dalam pendaftaran vaksinasi di seluruh dunia.

“Penyaluran kredit untuk beriklan diatas platform kami, memastikan untuk sosialisasi dan program Chatbot ini bisa berjalan dengan sempurna,” ujarnya.

Tak hanya itu, Ruben juga menjelaskan program Data for good yang sebagaimana melihat tingkat efektivitas program-program pemerintah.

“Ini kerjasama kami untuk sharing data-data yang ada di platform Facebook dengan instansi-instansi di Indonesia untuk melihat tingkat efektivitas program pemerintah untuk bisa dikaitkan dengan program Chatbot,” pungkasnya.

Dengan implementasinya, pemerintah juga memperhatikan dan menjamin data pribadi sesuai dengan kaidah ketentuan perundang-undangan.

“Dengan adanya dukungan WhatsApp dan Facebook ini, Kemenkes menyampaikan apresiasi atas upaya bersama semua pihak dalam mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” tutup Oscar.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Rianty Danista