Home News Internasional Demo Rusuh Pendukung Trump di Capitol, Satu Orang Perempuan Tewas

Demo Rusuh Pendukung Trump di Capitol, Satu Orang Perempuan Tewas

28
0
SHARE
Massa pendukung Presiden Amerika Serikat Donald Trump berkumpul di luar Capitol Hill.
(AP Photo/Shafkat Anowar)

Diamma.com- Kerusuhan yang terjadi di Gedung Capitol, Washington DC, menyebabkan seorang wanita meninggal dunia. Dikabarkan wanita itu tewas akibat terkena tembakan oleh pihak polisi yang bertepatan sedang menjaga Gedung tersebut.

“Ya wanita yang ditembak di dalam Capitol dibawa ke rumah sakit daerah,” kata juru bicara Departemen Kepolisian Metropolitan DC, Dustin Sternbeck, dilansir CNN, Kamis (7/1).

Aksi kerusuhan tersebut terjadi saat para pendukung mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump menolak kongres Amerika Serikat yang menetapkan kemenangan Joe Biden dipemilu. Pengunjuk rasa menerobos barikade polisi Capitol dan menerobos masuk ke Gedung bahkan menduduki kursi ketua Senat.

Akibatnya anggota DPR AS dan Senat AS langsung diamankan dari Gedung tersebut. Tidak hanya itu, wakil presiden Mike Pence juga dievakuasi dari Capitol, yang mana ia berperan dalam menghitung hasil akhir dari suara electoral.

Dari peristiwa kerusuhan yang terjadi di Gedung Capitol, sidang pengesahan kemenangan Joe Biden – Kamala Harris di tunda sementara. Belum ada kabar dari kelanjutan sidang tersebut. Trump sendiri meminta para pendukungnya untuk menyampaikan aspirasi dengan damai.

“Saya meminta semua orang di US Capitol untuk tetap damai, jangan ada kekerasan!”, kata Trump.

Penulis: Fitra Rahma Dini
Editor: Donny Alamsyah