Home News Internasional Rusia Mulai Vaksin Covid-19 Menggunakan Sputnik V

Rusia Mulai Vaksin Covid-19 Menggunakan Sputnik V

201
0
SHARE
Terlihat seorang petugas medis sedang memberikan vaksin Sputnik Rusia. Foto: Sergey Kisilev / Kantor Berita Moskow / EPA

Diamma.com- Satuan Tugas Covid-19 Rusia pada Sabtu (5/12) telah mendistribusikan vaksin Sputnik V kepada 70 klinik yang ada Moskow, Rusia. Vaksinasi massal merupakan hal pertama kali yang dilakukan oleh Rusia dikarenakan pandemi Covid-19 ini.

Adapun Satuan Tugas Covid-19 Rusia mengatakan, jika vaksin tersebut akan tersedia dan diberikan pertama kali kepada dokter, pekerja medis lainnya, guru, serta pekerja sosial yang saat ini berada digarda terdepan dan memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19.

“Saat ini Anda bekerja di lembaga pendidikan dan (akan) mendapat prioritas utama untuk vaksin Covid-19, gratis,” bunyi pesan yang diterima oleh salah satu guru di Moskow, mengutip theguardian.com.

Sementara itu, vaksinasi akan dibatasi hingga usia 60 tahun. Tak hanya itu, pelarangan vaksinasi Covid-19 yaitu bagi warga dengan penyakit tertentu, wanita hamil, dan bagi penderita penyakit pernapasan dalam kurun waktu dua minggu.

Vaksin Sputnik V diberikan dua kali dan penyuntikan kedua dilakukan selang 21 hari setelah suntikan pertama. Seperti diketahui, Moskow merupakan episentrum penyebaran Covid-19 dan melaporkan 7.993 kasus baru dalam sehari. Hingga kini, Rusia telah mencatakan sebanyak 2.431.731 kasus positif Covid-19 dengan tambahan kasus baru secara keseluruhan pada Sabtu (5/12) mencapai 28.782 orang.

Penulis: Rahma Angraini
Editor: Rianty Danista