Home Entertainment Gaya Hidup Minum Kopi Dapat Menyebabkan Jantung Berdebar? Berikut Cara Mengatasinya

Minum Kopi Dapat Menyebabkan Jantung Berdebar? Berikut Cara Mengatasinya

170
0
SHARE
Ilustrasi kopi. Foto: Kesehatan88

Diamma.com- Kopi merupakan minuman yang paling banyak disukai oleh generasi saat ini. Kebanyakan pembisnis membuka peluang untuk membuat coffee shop. Tidak hanya itu, terlalu sering mengonsumsi kopi juga membahayakan kesehatan tubuh, lho. Salah satunya membuat jantung kamu berdebar dengan cepat.

Melansir dari Medical News Today, selain detak jantung berdebar, mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein bisa menyebabkan gejala lain. Diantaranya, masalah tidur, gelisah, mengalami tremor, rasa cemas berlebihan, hingga stres.

Kondisi jantung berdetak atau disebut sinus takikardia lebih dari 100 kali per menit. Memiliki gejala serius, yakni pusing, sakit kepala ringan, sesak napas, dan nyeri dada. Untuk itu, kalian harus mengurangi minum kopi, demi menjaga kesehatan kamu. Berikut cara mengatasinya:

1. Merelaksasikan Pikiran dan Tubuh

Teknik ini bisa dilakukan di rumah, dengan cara duduk bersila lalu tarik napas perlahan melalui lubang hidung, keluarkan melalui mulut dan ulangi sampai pikiran dan tubuh rileks.

2. Pilihlah Makanan dan Minuman yang Sehat

Jika setelah minum kopi mengalami jantung berdebar, kalian harus memilih makanan dan minuman yang sehat untuk kesehatan tubuh. Serta menghindari atau berhenti merokok, mengonsumsi kopi secara berlebihan, dan mengonsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan dokter. 

3. Minum Air Putih Setiap Hari

Dianjurkan untuk minum air putih setiap hari, dengan mengonsumsi sekitar delapan gelas sehari.  Apabila kekurangan minum air putih, dapat menyebabkan dehidrasi, tekanan darah menurun, kerusakan ginjal, dan dampak buruk lainnya. Jadi, minum air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Nah, itulah cara mengatasi jantung berdebar setelah minum kopi. Jika kalian pecinta kopi, maka harus membatasinya agar tidak berlebihan dan selalu menjaga kesehatan ya Diammania!

Penulis: Rianty Danista
Editor: Donny Alamsyah