Home News Waspada! Kekurangan Vitamin B12 Mengintai Kaum Vegan

Waspada! Kekurangan Vitamin B12 Mengintai Kaum Vegan

66
0
SHARE
Makanan vegan yang bukan merupakan produk-produk hewani. Foto: shutterstock

Diamma.com- Sebagai seseorang yang tidak mengonsumsi daging dan produk hewani lainnya kaum vegan beresiko untuk kekurangan vitamin B12. Vitamin ini hanya bisa didapatkan dari daging, ikan, telur, dan produk susu. Vitamin ini tidak akan didapatkan dari biji-bijian dan buah-buahan. 

Penelitian menyebutkan bahwa 92 persen vegan yang tidak mengonsumsi produk hewani mengalami kekurangan vitamin B12. Para ahli juga mengingatkan kaum vegan bahwa resiko kekurangan vitamin B12 bukan merupakan omong kosong belaka. 

Kekurangan vitamin B12 merupakan sesuatu yang sangat membahayakan untuk tubuh, karena manfaatnya sangat penting dalam pembelahan sel dan produksi sel darah merah, menjaga kesehatan saraf, melancarkan pencernaan, membantu menyerap nutrisi, dan lainnya. 

Biasanya tanda kekurangan vitamin B12 muncul secara perlahan-lahan. Tanda awal dimulai dengan kelelahan, lemas, mual, dan sembelit. Dalam jangka waktu yang panjang kekurangan vitamin B12 dapat menimbulkan kerusakan saraf, pertanda awal dari dampak ini biasanya seseorang akan merasakan tusukan di tangan atau kakinya. 

Kaum vegan dapat mengatasi resiko kekurangan vitamin B12, dengan cara mengonsumsi suplemen B12 sebanyak 250 mikrogram perharinya, mengonsumsi produk kedelai, rumput laut, shitake (jamur kering) dan juga sereal.

Jadi, Diammania yang termasuk kaum vegan, harus berhati-hati atas resiko yang didapatkan demi menjaga kesehatan imunitas tubuh kalian. 

Penulis: Anzila Riskia Putri
Editor: Indira Difa Maharani