Home Travel Kuliner Mengintip Kuliner Legendaris Khas Yogyakarta yang Memikat Hati Awkarin

Mengintip Kuliner Legendaris Khas Yogyakarta yang Memikat Hati Awkarin

161
0
SHARE
Awkarin saat sedang mencicipi kuliner sate Klathak. Foto: Instagram/ awkarin

Diamma.com– Yogyakarta yang digadang-gadang sebagai kota pariwisata ini memang selalu menyisakan kesan istimewa pada siapapun yang mengunjunginya.

Tak hanya alam asri, bangunan bersejarah, suasana ramah, serta cerita-cerita yang tertinggal, tetapi kuliner khasnya pun tak lepas dari perhatian wisatawan. Cita rasa setiap hidangannya yang unik, siap menggoyangkan lidah para penyantapnya.

Seperti salah seorang influencer ternama yakni Karin Novilda atau akrab dikenal dengan nama Awkarin. Wanita kelahiran tahun 1997 ini tak pernah melewatkan untuk menyantap kuliner khas nan legendaris yang selalu menjadi favoritnya setiap berkunjung ke Yogyakarta. Hal ini terpantau dari aktivitas yang ia unggah di media sosial Instagram pribadinya @awkarin. Kira-kira apa saja sih makanan legendaris yang membuat Awkarin tak bisa berpaling?

  • Sate Klathak Pak Pong
Sate Klathak Pak Pong. Foto: Instagram/awkarin

Bahan utamanya menggunakan daging kambing. Uniknya sate klathak yang menggunakan daging kambing tersebut, disajikan dengan tusukan yang tak biasa yakni jeruji besi dari ban sepeda. Selain itu juga racikan bumbu serta penyajiannya bersama kuah gulai yang kaya akan rasa. 

Perpaduan antara rasa gurih gulai, pedas, manis tercampur jadi satu. Untuk satu porsi yang terdiri dari 2 tusuk sate klathak berkisar pada harga Rp 25 ribu. Tapi enggak usah khawatir kemahalan ya, karena satu tusuk sate berukuran besar. Adapun hidangan lainnya juga tersedia, seperti tengkleng, tongseng (otak, daging, kepala), gulai, hingga nasi goreng kambing. 

Sate Klathak Pak Pong terletak di Jalan Sultan Agung No. 18, Jejeran II, Wonokromo, Pleret, Bantul, DIY. Buka dari pukul 09.00 – 23.00 WIB. Sedikit tips untuk Diammania yang ingin mencicipinya, jangan datang di saat kondisi perut sedang lapar ya! sebab memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengantre pesanan sate klathak satu ini.

  • Sop Ayam Pak Min Klaten
Potret Karin di kedai Sop Ayam Pak Min Klaten. Foto: Instagram/awkarin

Sop Ayam Pak Min Klaten memang telah terkenal akan menu utamanya yakni sop ayam, yang memiliki rasa kaldu kental serta gurih saat kuahnya diseruput. Sudah berdiri hampir 60 tahun lamanya, namun cita rasa aslinya masih terjaga. 

Tidak hanya sop ayam saja, tetapi juga menyediakan banyak pilihan menu lainnya lho. Ada sop daging, leher, ceker, ati ampela, uritan (telur muda), kepala, punggung ayam, paha, dan masih banyak varian lainnya. Harganya pun sangat terjangkau, untuk satu porsinya kisaran Rp 13 ribu – Rp 20 ribu. Untuk menyicipinya, Sop Ayam Pak Min Klaten ini mudah dijumpai di beberapa jalan-jalan besar Yogyakarta.

  • Angkringan Tugu KR
Ragam pilihan sate di Angkringan Tugu KR. Foto: Instagram/awkarin

Kalau ke Yogyakarta rasanya belum lengkap jika tidak mencicipi kuliner angkringannya. Jajanan kaki lima ini sudah sangat marak dan mudah ditemui di setiap sudut kota Yogyakarta. Disajikan dengan bungkusan nasi beserta lauk sederhana, serta pelengkap satenya seperti usus, telur puyuh, ati ampela, dan masih banyak yang lainnya.

Salah satu yang sudah terkenal adalah angkringan KR (Kedaulatan Rakyat). Nama tersebut diambil dari lokasinya yang tepat berada di depan kantor redaksi Harian Kedaulatan Rakyat. Angkringan KR juga menjadi salah satu destinasi kuliner favorit dari Awkarin, sebab ia merasa lebih mendapatkan kesederhanaannya.

Pilihan makanannya pun banyak yang tersedia. Biasa disebut dengan sego kucing, namun di sini tak hanya nasi teri saja, melainkan banyak menu kekinian, mulai dari nasi oseng tempe, ayam lombok ijo, hingga nasi bali. Selain itu juga varian satenya lengkap seperti sate bakso, sosis, kerang, dan lainnya.

Nah, itu dia deretan kuliner legendaris favorit Awkarin saat ke Yogyakarta. Apakah Diammania pernah mencicipi salah satu makanan di atas?

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Indira Difa Maharani