Home News Internasional Gugatan Pilpres Terus Berjalan, Trump Sudah Setujui Transisi untuk Biden

Gugatan Pilpres Terus Berjalan, Trump Sudah Setujui Transisi untuk Biden

88
0
SHARE
Joe Biden (kanan) dan Donald Trump (kiri). Foto: Liputan6.com/Abdillah

Diamma.com- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mulai menyetujui transisi pemerintahan untuk Joe Biden melalui akun Twitternya, ia menyampaikan dukungan meski masih melakukan gugatan hukum atas hasil pemilu.

“Gugatan kami akan tetap dilanjutkan, dan kami akan berjuang habis-habisan, dan saya yakin akan menang. Akan tetapi, demi kebaikan negara ini, saya merekomendasikan supaya Emily dan timnya melakukan segala hal yang harus dilakukan untuk memulai protokol transisi, dan saya mengatakan kepada seluruh tim saya untuk melakukan hal yang sama,” cuit Trump di akun Twitter pribadinya.

(Baca Juga: Pemilu AS: Joe Biden Terpilih Jadi Presiden Amerika Serikat Ke-46)

Melansir Liputan6, Ketua General Services Administration (GSA), Emily Murphy tidak langsung melaksanakan protokol tersebut. Ia lebih memilih mengirim surat ke Joe Biden untuk membantu proses transisi.

“(Berdasarkan) perkembangan terbaru terkait tantangan hukum dan sertifikasi hasil pemilu, (saya) mengirimkan surat ini hari ini untuk menyediakan berbagai sumber daya dan pelayanan kepada Anda,” tulis Murphy seperti dikutip NPR, Selasa (24/11).

Hal ini dinilai dapat melancarkan jalan Biden dalam proses peralihan pemerintahan federal Amerika Serikat. Diketahui, Joe Biden akan dilantik sebagai Presiden AS pada 20 Januari 2021 mendatang.

(Baca Juga: Trump Desak Hentikan Penghitungan Suara, Ini Tanggapan Tim Biden)

Sebelumnya, Murphy telah menerima ancaman online karena dituduh sengaja menunda transisi. Pasalnya, ia telah melewatkan tenggat waktu pada hari Senin yang telah ditetapkan oleh Demokrat di DPR untuk memberi tahu anggota parlemen tentang penundaan itu. Ancaman itu diberikan pada keluarga hingga hewan peliharaannya. Namun, ia tetap bertekad untuk tidak mundur dalam menegakkan hukum.

“Saya memang mendapat ancaman online, lewat foto, dan lewat surat, yang mengarah pada keselamatan saya, keluarga saya, staf saya, dan bahkan hewan-hewan peliharaannya saya,” ujar Murphy.

“Bahkan dalam menghadapi ribuan ancaman, saya tetap berkomitmen untuk menegakkan hukum,” lanjutnya.

(Baca Juga: INFOGRAFIS: Fakta Menarik Pemilu AS 2020)

Penulis: Sarah Nur Zakiah
Editor: Faradina Fauztika