Home Travel Kuliner Berikut Kuliner Unik Khas Kepulauan Seribu, Ada Kue Selingkuh Lho!

Berikut Kuliner Unik Khas Kepulauan Seribu, Ada Kue Selingkuh Lho!

86
0
SHARE
Kue bom atom dengan balutan karamel gula yang berwarna merah muda. Foto: Tribunnews/Amriyah

Diamma.com– Selain keindahan pulau-pulau yang ada, kuliner tradisional yang lezat nan unik pun menjadi daya tarik dari Kepulauan Seribu. 

Pemberian nama yang unik pada setiap kulinernya, menyeret perhatian wisatawan akan rasanya. Destinasi terdekat dari Kota Jakarta ini sering kali ramai jadi incaran untuk berlibur singkat. Dan tak ada salahnya jika sedang menyambangi Kepulauan Seribu untuk mencicipi santapan khasnya. Berikut kuliner unik dari Kepulauan Seribu yang harus kamu tahu:

  1. Kue Kolong

Kue Kolong rasanya terdengar aneh dan membingungkan. Namun makanan berikut ini sepertinya cocok bagi lidah yang senang akan makanan manis dan gurih. 

Berasal dari ubi yang ditumbuk halus setelah proses perebusan, lalu diolah kembali dengan campuran sagu. Setelah terolah dengan sempurna, adonan tersebut digoreng hingga matang dan dicelupkan ke dalam gula jawa yang telah dicairkan. Nikmatinya selagi hangat ya, supaya semakin krenyes dan nikmat!

  1. Kue Selingkuh

Seperti yang dikatakan bahwa kuliner khas Kepulauan Seribu rata-rata memiliki keunikan dari segi nama, selain cita rasanya. Layaknya kue yang satu ini dinamakan dengan kue selingkuh.

Sama halnya dengan lontong ataupun arem-arem yang mana berbahan dasar beras. Lalu yang membedakan adalah dari segi isian kue selingkuh sendiri yang menggunakan olahan ikan segar atau biasa disebut abon ikan. Setelahnya, tinggal dibungkus dengan daun pisang dan siap dikukus.

Kue selingkuh cocok menemani santapan pagi ataupun camilan di sore menjelang malam hari. Rasanya yang asin dan dominan dengan gurih santan, melengkapi kenikmatan dari sepotong kue selingkuh. Tertarik untuk mencoba?

  1. Kue Maco

Kalau anda mengenal dan sering menyantap onde-onde, tentu anda akan mengira kue maco ini adalah sejenisnya. Sebab tampak dari kue maco sendiri persis layaknya onde-onde. Dengan bentuk bulat dan hiasan wijen di sekelilingnya. Lalu apa bedanya?

Nah, bedanya dari isi kue itu sendiri. Kalau biasanya menyantap onde-onde dengan isi kacang ijo, sedangkan kue maco berisi abon ikan. Rasanya sudah jelas didominasi dengan gurih asin.

  1. Bom Atom

Kudapan kali ini tampaknya akan berbeda dari yang lainnya. Pasalnya makanan khas bom atom ini berbentuk oval dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari jenis yang lainnya. 

Kuliner bom atom ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan metega. Setelah semua adonan siap, langsung masuk ke tahap penggorengan.

Uniknya lagi selain bentuknya yang tidak biasa, tahap akhir pengolahannya pun menarik. Karena usai digoreng langsung dilumuri karamel gula, yang mana karamel tersebut telah diberi pewarna yakni merah muda. Unik, lezat, dan cantik menjadi gambaran yang tepat untuk kue bom atom khas Kepulauan Seribu.

  1. Sate Gepuk

Kuliner yang berbahan dasar olahan ikan tongkol ini memiliki rupa serta rasa yang berbeda dari sate pada umumnya. Pasalnya sate gepuk dibungkus menggunakan daun pisang, serta rasa dari perpaduan pedas, manis, serta gurih.

Olahan ikan tongkol yang telah tercampur dengan bumbu dapur, gula, dan kelapa parut, dibungkus dengan daun pisang untuk siap dibakar. Gurih, pedas menyatu dalam satu suapan. Pas disantap dengan nasi hangat.

Nah, itu dia kuliner unik khas Kepulauan Seribu. Terbayang bukan kelezatannya seperti apa? Kira-kira ada yang tertarik atau justru sudah pernah mencicipi salah satunya? 

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Indira Difa Maharani