Home Entertainment Gaya Hidup Hindari Infeksi, Berikut Tips Merawat dan Membersihkan Softlens

Hindari Infeksi, Berikut Tips Merawat dan Membersihkan Softlens

38
0
SHARE
Ilustrasi Lensa Kontak. Foto: eyeluxoptometry.com

Diamma.com- Ketika menggunakan softlens atau lensa kontak, kita wajib membersihkan lensa kontak tersebut dengan tepat loh, Diammania! Karena jika tidak, hal tersebut akan beresiko menggores hingga menyebabkan infeksi pada mata yang disebabkan oleh kuman yang berasal dari lensa kontak yang tidak bersih. Nah,  Berikut tips merawat lensa kontak:

  1. Selalu Mencuci Tangan Sebelum Menyentuh Lensa Kontak

Sebelum menyentuh lensa kontak, kalian wajib mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Setelah itu keringkan tangan menggunakan handuk tanpa serat atau tisu bersih. Hindari menggunakan kain yang berserat karena serat-serat tersebut akan menempel pada tangan kalian.

  1. Gunakan Cairan Khusus untuk Membersihkan Lensa Kontak

Jangan gunakan air minum, air keran, dan sejenisnya. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan dan merendam lensa kontak yang telah direkomendasikan oleh dokter atau tempat membeli lensa kontak tersebut. 

Cara membersihkan lensa kontak, letakkan lensa kontak pada telapak tangan yang sudah bersih dan kering, lalu tetes 2-3 tetes cairan khusus tersebut. Usap dengan lembut lensa kontak menggunakan ujung jari.

  1. Jaga Kebersihan Lensa Kontak

Jika sedang tidak menggunakannya, ganti cairan khusus setiap tiga hari agar lensa kontak tetap bersih. Untuk menghindari bakteri, ganti tempat lensa kontak setidaknya satu kali setiap tiga bulan.

  1. Teteskan Mata Jika Lensa Kontak Terasa Kering

Gunakan cairan tetes mata khusus untuk pengguna lensa kontak, sebab beberapa cairan tetes mata tidak boleh digunakan saat lensa kontak terpasang di mata.


Nah¸ itu dia tips merawat dan membersihkan kontak lensa agar terhindar dari kuman yang menyebabkan infeksi. Semoga bermanfaat!

Penulis: Salwa Putri Dewanti 
Editor: Indira Difa Maharani