Home Entertainment Cocok Untuk Bekal, Berikut Resep Kimbab Makanan Khas Korea

Cocok Untuk Bekal, Berikut Resep Kimbab Makanan Khas Korea

47
0
SHARE
Kimbab yang siap untuk disantap. Foto: masfikr.com

Diamma.com- Jika kalian salah satu penggemar drama Korea, pasti gak asing dengan makanan satu ini. Ya, kimbab memang menjadi makanan favorit orang Korea karena sifatnya yang praktis namun memiliki gizi yang cukup lengkap.

Kimbab pun banyak variasinya, salah satu jenis paling populer adalah yachae kimbab. Yachae kimbab adalah nasi yang digulung dengan rumput laut kering, dengan isi sayuran.

(Baca Juga: Resep Jjampong, Mie Seafood Pedas yang Cocok Untung Menghangatkan Tubuh)

Berikut resep yachae kimbab yang telah dilansir dari Mykoreankitchen.com.

Bahan:

  • 4 lembar rumput laut kering (nori)
  • 120 gram bayam (bisa diganti mentimun)
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 120 gram wortel, potong halus
  • 2 – 4 buah crab sticks (tergantung panjangnya), potong memanjang
  • 4 potong ham BBQ kimbab, bisa diganti ham biasa
  • 4 lobak acar kuning (danmuji), potong memanjang
  • 12 buah akar burdock berbumbu yang bisa dimakan (opsional)
  • 2 1/2 cangkir nasi berbiji pendek yang dimasak
  • 2 sdm minyak wijen, sisakan juga untuk mengolesi kimbab
  • Garam halus secukupnya, sisakan juga untuk mengolesi kimbab

Bahan Pengganti Isi:

  • Keju iris atau krim keju
  • Bulgogi (daging sapi BBQ Korea)
  • Kimchi Abura-age (tahu goreng kopong Jepang)

(Baca Juga: Resep Jajangmyeon, Kuliner Khas Korea yang Sering Muncul di Drama)

Cara Membuat :

1. Masak bayam hingga setengah matang, tiriskan air dan siram bayam dengan air dingin. Peras bayam dengan lembut untuk menghilangkan air yang berlebih. Taruh bayam ke mangkuk, tambahkan garam dan 1/2 sendok makan minyak wijen lalu aduk rata.

2. Panaskan wajan, tambahkan sedikit minyak goreng dan oleskan ke seluruh wajan. Masak telur dengan api sedang. Taruh telur dadar di atas talenan dan potong menjadi potongan-potongan panjang.

3. Pada wajan yang dipanaskan, masak wortel, crab stick, dan ham secara terpisah sekitar 1 menit per bahan, dengan api sedang.

4. Masukkan nasi ke dalam mangkuk, lalu tambahkan 1/2 sendok minyak wijen dan garam halus sesuai selera. Setelah itu, aduk rata.

5. Kumpulkan semua bahan kimbab dalam satu meja agar lebih mudah untuk disusun.

6. Letakkan satu lembar rumput laut kering di atas tikar bambu. Taruh rumput laut kering dengan sisi mengkilat menghadap ke bawah. Taruh nasi di atas lembaran rumput laut kering, lalu sebarkan secara merata dan tipis hingga menutupi sekitar 2/3 bagian rumput laut. Sisakan jarak sekitar 5 cm di bagian atas rumput laut.

7. Taruh bahan-bahan isi. Pastikan menggunakan bahan secara merata agar tidak kekurangan. Taruh satu acar lobak kuning di sekitar 1/3 dari bawah, jika ada tambahkan tiga potongan burdock, lalu satu potongan ham, dan satu crab stick di sekitarnya.

Kemudian susun beberapa potongan telur, wortel, dan bayam, tapi jangan sampai seluruh permukaan nasi bagain bawah tertutupi. Gulung rumput laut, jika rumput laut tidak menempel, beri sedikit air di rumput laut kering yang disisakan pada langkah enam. Bisa juga menggunakan beberapa butir nasi. Sisihkan kimbab yang sudah digulung.

8. Ulangi langkah 6 dan 7 hingga bahan habis.

9. Letakkan semua kimbab  yang telah disusun di atas talenan dan tempelkan sedikit minyak wijen di sekitar permukaan rumput laut. Iris kimbab menjadi potongan ukuran sekali gigit.

10. Kimbab siap disajikan dengan irisan acar lobak kuning.

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Rahma Angraini