Home Entertainment Gaya Hidup Perlu Diwaspadai! Kenali Gejala Alergi Dingin pada Tubuh

Perlu Diwaspadai! Kenali Gejala Alergi Dingin pada Tubuh

45
0
SHARE
Ilustrasi pakaian hangat untuk hadapi suhu dingin. Foto: Shutterstock

Diamma.com- Di musim hujan seperti saat ini, suhu dan udara dingin menjadi lebih meningkat. Sebagian orang yang tidak kuat dengan suhu dingin pasti akan menggunakan jaket untuk menghangatkan tubuhnya. Akan tetapi bagi sebagian orang, ada juga yang mengalami reaksi terhadap kulitnya akibat udara dingin seperti alergi, gatal-gatal, dan kemerahan. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan alergi dingin (urtikaria dingin) atau biasa disebut biduran.

Tak hanya karena dingin di musim hujan saja, namun alergi dingin dapat terjadi karena berada di ruangan ber AC, air yang memiliki suhu rendah, dan keadaan lingkungan sekitar yang memiliki suhu udara yang rendah.

Melansir halodoc, reaksi alergi dingin muncul saat adanya pelepasan histamin dan zat kimia lain dalam aliran darah yang dipicu oleh cuaca dingin. Histamin adalah zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel dalam tubuh saat mengalami reaksi alergi atau infeksi. Alergi dingin memiliki tanda-tanda tanda seperti berikut: 

1. Kulit Memerah dan Gatal

Kulit yang memerah dan gatal ini diakibatkan oleh infamasi atau peradangan pada kulit sehingga menghasilkan munculnya ruam atau bentol merah. Maka reaksi pada tubuh akan menjadi  gatal dan membengkak pada area kulitnya. 

2. Tangan Terasa Bengkak 

Sebagian orang sering mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh saat terpapar suhu yang terlalu dingin, tidak jarang pembengkakan juga terjadi pada bagian seperti bibir, lidah dan tenggorokan yang mengakibatkan gangguan pernafasan.

3. Syok Anafilaktik

Reaksi alergi bisa menyebabkan syok anafilaktik. Ini adalah reaksi alergi berat yang bisa berujung pada kematian, jika terlambat ditangani secara medis. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mengeluarkan zat kimia sebagai reaksi terhadap alergen (zat penyebab alergi), sehingga membuat tubuh dalam keadaan syok.

Gejala yang ditimbulkan seperti mual, muntah, dan sakit perut (diare), sensasi kesemutan pada kulit kepala, mulut, tangan, dan kaki, tampak bingung/ gelisah, penurunan tekanan darah, kesulitan bernapas, jantung berdebar-debar, denyut nadi melemah, keringat dingin, pucat, hingga pingsan.

(Baca: Kenali Penyakit Kulit yang Rentan Menyerang Saat Musim Hujan)

Saat udara dingin dan musim hujan seperti ini memang enak untuk berdiam diri di rumah, tapi jangan sampai abaikan hal yang dapat terjadi pada tubuh kita. Menyepelekan alergi suhu dingin dapat berakibat buruk, jadi kenali gejalanya.

Penulis: Angelina Tri Maulidina
Editor: Indira Difa Maharani