Home Travel Kuliner Resep Lezat Klapertart Khas Manado

Resep Lezat Klapertart Khas Manado

465
0
SHARE
Kuliner enak klapertart: madisonblog.web.app

Diamma.com- Klapertart berasal dari bahasa Belanda, klapper yang berarti kelapa dan tart yang berarti kue. Jadi, secara harfiah klapertart adalah kue kelapa. Meski kue ini berasal dari Manado, untuk mencicipinya tak perlu jauh-jauh pergi ke Manado. Kita dapat membuatnya sendiri di rumah dengan cara dipanggang ataupun dikukus. Berikut cara mudah membuatnya:

Bahan:

-Air kelapa 150 ml 
-Susu UHT 500 ml 
-Kuning telur 2 pcs 
-Tepung maizena 20 gram 
-Tepung terigu 50 ml 
-Kismis 50 gram 
-Irisan Almond 5 gram 
-Margarine 100 gram 
-Gula putih 180 gram 
-Dagimg kelapa muda 50 gram 
-Rum atau vanilla essence 25 ml 
-Garam 5 gram

(Baca juga: Kreasi Resep Cemilan Manis Oreo Goreng Saat #DiRumahAja)

Cara Membuat:

1. Pertama-tama masukan gula pasir dan kuning telur di atas pan dengan api sedang. Aduk sebentar, lalu tambahkan susu cair, garam, dan air kelapa muda. Aduk semua bahan tersebut hingga rata.

2. Sembari menunggu adonan yang dimasak, buat meringue dengan campurkan gula pasir dan putih telur kocok dengan mixer selama 15-20 menit. Kocok sampai membentuk busa yang padat.

3. Kembali lagi ke adonan pertama, jika sudah rata masukkan tepung terigu dan maizena. Aduk terus agar menggumpal. Lalu masukkan mentega cair, daging kelapa muda, rum, dan kayu manis bubuk.

4.  Masukkan juga kismis dan almond setengah dari takaran resep. Rum boleh ganti dengan vanila essence atau kopi, bisa disesuaikan dengan selera.

5. Adonan satu yang sudah masak bisa ditata di mangkuk. Kemudian tambahkan meringue yang terbuat dari campuran putih telur dan gula di bagian atas adonan hangat sampai permukaan tertutup sempurna.

6. Langkah selanjutnya taburkan irisan almond dan kismis di bagian atas klappertaart. Kemudian bakar bagian atas klappertaart dengan torch sampai warnanya kecoklatan. Bisa juga menggunakan oven dengan panas bagian atas saja.

8. Saran penyajian, masukkan klappertaart ke dalam kulkas dan bisa dimakan dengan keadaan dingin.

(Baca juga: Resep Praktis Puding Roti Tawar Lembut dan Enak)

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Indira Difa Maharani