Home Travel Kuliner Resep Praktis Puding Roti Tawar Lembut dan Enak

Resep Praktis Puding Roti Tawar Lembut dan Enak

57
0
SHARE
Puding Roti Tawar Lembut dan Enak. Foto: indozone.id

Diamma.com- Memiliki sisa roti tawar yang sudah hampir kadaluarsa? Eits jangan dibuang ya, bisa dimanfaatkan untuk jadi cemilan. Selain puding buah, puding roti tawar tak kalah enak jadi camilan.

(Baca juga: Resep Mudah Korean Garlic Cheese Bread yang Sedang Viral)

Berbeda dengan puding kebanyakan yang dibekukan, puding roti dibuat dengan cara dipanggang. Teksturnya lembut dengan potongan roti yang memperkaya rasa. Berikut resep dan cara membuat puding roti tawar saat di rumah.

  • Bahan:

-5 lembar roti tawar (secukupnya)
-350 ml susu cair
-100 gram gula pasir
-50 gram butter
-50 gram kismis atau bisa diganti choco chip
-3 butir telur
-1 sdt vanila
-keju cheddar parut secukupnya (optional)
-kacang kenari (optional)

(Baca juga: Simak Resep Bolu Kukus Karamel, Mudah dan Praktis)

  • Cara Membuat:

1. Siapkan dulu loyang kaca sebagai wadahnya. Olesi dengan sedikit mentega secara merata.

2. Panaskan pula ovennya dengan suhu 170 derajat Celsius. Biarkan terlebih dahulu.

3. Masukkan susu cair, telur, gula pasir, vanila, dan lelehan butter ke dalam wadah. Aduk seluruh bahan tersebut dengan whisk sampai tercampur rata dan mengental.

4. Potong-potong roti tawar menjadi beberapa bagian kecil, lalu tata di dalam loyang kaca. Lakukan sampai 3/4 bagian loyang saja, tambahkan dengan kismis atau choco chip di atasnya.

5. Setelah selesai menata, siram roti tawar dengan campuran susu secara perlahan-lahan. Tuang secara merata dan biarkan sebentar hingga meresap. Tambahkan parutan keju dan taburan kacang kenari.

6. Setelah dirasa sudah cukup meresap, segera masukkan loyang ke dalam oven. Panggang selama kurang lebih 35-40 menit sampai bagian atasnya terlihat kecokelatan.

7. Jika puding roti tawar sudah terlihat kering dan matang, segera keluarkan dari oven. Biarkan sebentar hingga sedikit dingin. Puding roti tawar siap disajikan.

Itulah resep mudah membuat puding roti tawar yang lembut. Aroma dan teksturnya bisa membantu menaikkan mood, loh! Selamat Mencoba.

(Baca juga: Cara Membuat Apple Pie ala Restoran dengan Mudah saat #dirumahsaja)

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Indira Difa Maharani