Home Entertainment Gaya Hidup Lembut! Berikut Resep Membuat Camilan Japanese Milk Bread yang Lagi Viral

Lembut! Berikut Resep Membuat Camilan Japanese Milk Bread yang Lagi Viral

26
0
SHARE
Japanese Milk Bread yang siap untuk disantap. Foto : cookpad.com

Diamma.com- Di masa pandemi seperti ini, semakin banyak orang yang berkreasi membuat makanan menarik untuk menjadi camilan di rumah. Salah satunya adalah membuat Japanese Milk Bread, kudapan yang akhir-akhir ini menjadi pembicaraan hangat oleh masyarakat Indonesia.  Japanese Milk Bread adalah roti sobek ala Jepang yang memiliki tekstur lembut serta isian yang gurih.

Tak hanya itu, Japanese Milk Bread memiliki bentuk yang menarik menyerupai kotak-kotak dan warna yang sangat cantik sehingga membuat banyak orang penasaran untuk mencoba membuatnya di rumah.

Untuk Diammania yang penasaran bagaimana cara membuatnya, berikut Diamma.com telah merangkum resep Japanese Milk Bread dari laman YouTube Dapur Ko-ci, Kelas Masakan Jepang Rumahan. Simak yuk!

Bahan (untuk 9 potong roti) :

  • 200 gram tepung terigu untuk roti.
  • 4 gram ragi kering.
  • 15 gram gula halus.
  • 3 gram garam.
  • 150 ml susu sapi.
  • 15 gram mentega (unsalted).
  • Isian roti bisa apa saja (stroberi, coklat, keju, dan sebagainya).

Cara membuat :

  1. Masukkan tepung terigu, gula, garam, ragi, susu (masukkan 90% terlebih dahulu, kemudian tambahkan sedikit demi sedikit). Aduk rata menggunakan spatula atau tangan sambil tambahkan sisa susu sampai habis.
  2. Setelah tercampur rata, uleni adonan roti dengan tangan selama 10 menit sampai kalis.
  3. Tambahkan mentega yang telah didiamkan di suhu ruang. Lalu, uleni kembali selama 10 menit.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat dan letakkan di dalam wadah. Tutup wadah dengan plastic wrap, biarkan selama 40 – 50 menit di ruangan yang bersuhu hangat sekitar 30 derajat celcius agar mengembang sempurna.
  5. Setelah adonan mengembang, tekan adonan satu kali untuk mengeluarkan gas yang ada di dalamnya.
  6. Potong adonan menjadi 9 bagian yang sama rata dan bentuk menjadi bulat.
  7. Taruh adonan yang telah dibentuk ke dalam wadah, kemudian tutup dengan kain basah yang sudah diperas sampai hampir kering. Istirahatkan selama 10 menit agar adonan lebih mengembang.
  8. Siapkan loyang, olesi dengan minyak agar tidak lengket. Jika roti ingin diisi, dapat diisi sesuai selera Anda. Kemudian, bentuk kembali adonan menjadi bulat.
  9. Susun adonan yang telah diisi dan dibentuk di atas loyang yang telah dioles minyak. Taburkan gula halus di atas adonan roti. Kemudian istirahatkan kembali selama 20 menit dan tutup dengan plastic wrap serta letakkan di tempat yang hangat dengan suhu 30 derajat celcius.
  10. Jika sudah 20 menit, panggang adonan roti dengan suhu 180 derajat celcius selama 15 menit.
  11. Roti siap disantap sebagai teman camilan Anda selama di rumah saja.

Nah, itu dia bahan dan cara membuat Japanese Milk Bread yang anti gagal. Untuk video lengkapnya, Anda dapat mengunjungi laman YouTube Dapur Ko-ci. Selamat mencoba Diammania!

Penulis: Audria Dwi Kusuma
Editor: Rahma Angraini