Home Entertainment Ingin Membuat Menu Sarapan? Berikut Resep Souffle Pancake ala Jepang

Ingin Membuat Menu Sarapan? Berikut Resep Souffle Pancake ala Jepang

132
0
SHARE
Souffle Pancake ala Jepang yang disajikan dengan es krim dan gula kastor. Foto: anakjajan.com

Diamma.com- Souffle pancake ala Jepang adalah pancake yang sangat lembut dan mudah mengempis ketika dingin. Makanan tersebut cocok dibuat sebagai camilan ataupun untuk sarapan. Biasanya disajikan menggunakan sirup maple, gula halus, es krim, ataupun gula cair.

Ingin tahu bagaimana cara membuat pancake ala Jepang yang fluffy dan selembut kapas? Kuncinya adalah di putih telur yang dikocok hingga mengembang dan kaku. Jika telur yang dikocok tidak kaku, maka hasil pancake tersebut tidak fluffy dan akan seperti pancake biasanya.

Berikut ini adalah resepnya :

Bahan-bahan:

2 bh putih telur

2 sdm gula pasir

2 bh kuning telur

1 1/2 sdm susu cair

1 sdt vanilla essence

35 gr tepung protein rendah

1/2 sdt baking powder

Sejumput garam

Sedikit minyak

Cara membuat :

1. Campur kuning telur, susu cair, dan satu sendok teh ekstrak vanilla cair.

2. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak ke dalam adonan telur. Setelah itu, taburi sejumput garam. Aduk secukupnya, hingga rata saja.

3. Kocok putih telur dengan mixer hingga berbusa. Masukkan 1/3 bagian gula, kemudian kocok lagi dengan mixer. Gunakan kecepatan sedang. Kocok hingga putih telur dan gula tercampur rata. Hentikan proses pengocokan ketika putih telur sudah membentuk soft peak (sudah agak kaku).

4. Ambil 1/3 bagian adonan putih telur, kemudian masukkan ke dalam adonan kuning telur dan aduk hingga rata. Setelah itu tuang adonan kuning telur ke dalam sisa adonan putih telur. Campur dengan teknik aduk balik hingga rata.

5. Panaskan penggorengan anti lengket (teflon) dengan api kecil. Olesi permukaannya dengan sedikit minyak, kemudian tuang minyak ke wadah lain. Jika terlalu banyak minyak akan membuat permukaan pancake kurang cantik.

6. Tuang 3 sendok makan adonan ke penggorengan. Masak selama kurang lebih 1 menit, kemudian tuang lagi 1 sendok makan di atasnya agar pancake lebih tebal.

7. Tuang 1 sendok makan air di pinggir wajan teflon agar hasil akhir pancake lebih moist, lalu tutup selama 2-3 menit.

8. Balik adonan, lalu tuang 1 sdm air lagi di pinggir wajan. Tutup kembali teflon dan masak selama 3-4 menit. Segera angkat dari penggorengan.

Setelah matang, angkat pancake lalu tambahkan sajikan dengan gula kastor, mentega ataupun sirup maple. Kita juga dapat menambahkan buah atau es krim jika suka.

Pancake ini menjadi sempurna dengan adanya topping yang bermacam-macam. Itu dia resep mudah Souffle Pancake ala Jepang. Apakah tertarik untuk membuatnya? Selamat mencoba!

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Rahma Angraini