Home News Nasional Per Hari Ini, 3 Hotel di Jakarta Siap Tangani Pasien Covid-19

Per Hari Ini, 3 Hotel di Jakarta Siap Tangani Pasien Covid-19

34
0
SHARE
Ilustrasi penerapan protokol kesehatan di tempat penginapan. Foto: Dok. Puskompublik Kemenparekraf

Diamma.com- Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengungkapkan sudah terdapat tiga hotel yang siap menjadi lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19 per Kamis (1/10). Ketiga hotel tersebut berlokasi di Jakarta Barat dan Utara.

“Ada tiga hotel di DKI yang sudah siap, pertama Ibis (Style) di Mangga Dua, U Stay Hotel dan satu lagi di Ibis yang di Senen. Jadi sementara tiga hotel,” ujarnya dalam video Youtube BNPB Indonesia, Kamis (1/10).

Melansir CNN Indonesia, Widya juga menegaskan bahwa setiap hotel akan dijaga ketat oleh aparat keamanan, terutama dalam melakukan pengawasan dan penerapan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak).

Selain itu, pihaknya juga sudah menjalin kerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta TNI Polri untuk keamanan hotel.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Masyarakat, Fify Mulyani mengatakan bahwa kapasitas tempat tidur di setiap hotel berbeda. Hotel Ibis (Style) Mangga Dua siap menampung 212 pasien yang berdomisili di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.

(Baca Juga: Berikut Daftar Hotel Berbintang di DKI Jakarta yang Dijadikan Tempat Isolasi Mandiri)

“U Stay kapasitas 140 (pasien) itu untuk wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan,” ungkapnya, Senin (28/9).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan Keputusan Gubernur Nomor 980 Tahun 2020 terkait prosedur pengelolaan isolasi pasien Covid-19 di Jakarta. Dalam keputusan tersebut, pemerintah pusat dan daerah menyiapkan hotel, tempat penginapan, serta wisma untuk menampung pasien Covid-19 yang mengalami gejala ringan hingga sedang.

Penulis: Faradina Fauztika
Editor: Rahma Angraini