Home Entertainment Gaya Hidup Jangan Konsumsi Berlebih! Berikut Makanan yang Buruk Bagi Kesehatan Jantung

Jangan Konsumsi Berlebih! Berikut Makanan yang Buruk Bagi Kesehatan Jantung

72
0
SHARE
Serangan Jantung Merupakan Penyakit yang Membunuh Secara Perlahan. Foto: peekerhealth.com

Diamma.com- Jantung merupakan organ tubuh manusia yang mempunyai fungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Tak luput dari penyakit, jantung pun bisa saja berhenti dan rusak secara perlahan.

Kasus penyakit jantung belakangan ini sudah tidak lagi dirasa oleh orang tua, bahkan anak muda sekarang punya resiko penyakit jantung. Pola makan teratur serta rajin berolahraga merupakan kunci utama untuk menekan resiko penyakit jantung. 

Bersamaan dengan Hari Jantung Sedunia yang tepat pada hari ini, Selasa (29/9), simak yuk beberapa makanan yang berbahaya bagi jantung:

1. Daging Merah

Memang menggiurkan ketika melihat daging panggang dengan bumbu kesukaan kalian, tetapi ingat daging merah ini mengandung banyak kolestrol dan lemak jenuh, serta zat lain bernama L-Karnitin. 

Zat – zat tersebut akan berefek negatif bagi kesehatan, terutama jantung apabila dikonsumsi secara berlebihan. Disarankan untuk mengonsumsi daging merah kurang dari 10 persen dari diet rata – rata untuk kesehatan jantung serta dikontrol pengonsumsiannya.

2. Pizza

Makanan asli Italia yang dibuat dari roti dengan topping keju dan sosis serta dilengkapi dengan saus ini sangat enak ketika disantap. Tapi, makanan ini juga berpengaruh buruk untuk kesehatan jantung. 

Pada satu porsi pizza terdapat lemak dari kejunya, karbohidrat dari rotinya, dan natrium dari sausnya. Zat tersebut bisa menjadi berbahaya ketika kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Jika kalian tetap ingin menikmati pizza, sekarang ada pizza dengan bahan-bahan yang terbuat dari sayur ataupun bisa mengganti dengan roti gandum utuh, minyak zaitun, irisan tomat, dan keju kambing.

3. Kentang Goreng

Segala macam makanan yang digoreng sebenarnya tidak baik untuk kesehatan jantung. Gorengan ini mengandung minyak jenuh dan trans sangat tinggi. Dua zat tersebut seharusnya hanya menjadi bagian kecil dari makanan yang dikonsumsi.

Kentang goreng yang biasa kita temui di restoran cepat saji atau bahkan bisa saja di rumah sendiri. Saat membuat kentang goreng, pasti akan diberi tambahan garam untuk rasa yang lebih nikmat. Zat – zat seperti natrium dan karbohidrat yang terkandung di kentang dan garam tersebut tidak baik bagi kesehatan jantung.

Apalagi kentang goreng memiliki jumlah zat – zat tersebut sangat tinggi. Sebagai pengganti, kentang goreng bisa diganti dengan bahan nabati yang lebih sehat seperti ubi.

4. Sosis

Makanan olahan daging ini ternyata cukup bahaya untuk kesehatan jantung kita. Kategori makanan yang termasuk daging olahan tersebut adalah bacon, ham, dan sosis. Tetapi, yang paling beresiko meningkatkan gagal jantung adalah sosis, karena kandungan lemak jenuhnya yang lebih tinggi. 

Sajian sosis yang dari daging olahan ini pasti akan digoreng lagi, hal tersebut menambah kandungan minyak yang sudah ada, sebaiknya konsumsi sosis dengan porsi cukup.

(Baca Juga: Banyak Khasiatnya, Berikut Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh)

Jadi, itu dia beberapa makanan yang bisa berbahaya bagi jantung, apalagi jika kalian mengonsumsinya secara berlebihan. So, pastikan selalu mengontrol apa yang masuk ke dalam tubuhmu dan selalu jaga kesehatan karena menjadi sehat itu mahal.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Indira Difa Maharani