Home Entertainment Gaya Hidup Banyak Khasiatnya, Berikut Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh

Banyak Khasiatnya, Berikut Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh

709
0
SHARE
Ilustrasi daun kelor. Foto: harapanrakyat.com

Diamma.com- Daun kelor sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tanaman yang memiliki ukuran daun kecil ini biasanya diolah menjadi berbagai macam menu makanan. Tumbuhan ini juga sudah sering digunakan dalam ritual ataupun ramuan tradisional. Namun, secara ilmiah, manfaat daun kelor ternyata juga sudah banyak diteliti.

Berikut manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh manusia :

  1. Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula darah. Penyakit ini apabila tidak segera diatasi maka dapat membahayakan kesehatan tubuh. Pasalnya, kelebihan gula darah dapat menimbulkan masalah kronis, seperti penyakit jantung hingga stroke.

Cara mengatasi penyakit diabetes salah satunya mengonsumsi daun kelor. Kandungan senyawa berupa isotiosianat pada tanaman ini berfungsi efektif menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukan seseorang yang mengonsumsi setidaknya 50 gram daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah sebanyak 21 persen.

  1. Mencegah Penuaan pada Wajah

Sinar ultraviolet dalam matahari menyebabkan kolagen rusak dan elastisitas kulit menurun. Akibatnya, muncul kerutan di wajah yang sering disebut sebagai keriput.

Dari hasil penelitian, terbukti bahwa minyak biji daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan dalam daun kelor mampu mencegah munculnya keriput karena dapat membantu melawan radikal bebas yang dihasilkan dari sinar UV.

  1. Meringankan Nyeri Haid

Daun kelor bisa diandalkan untuk meringankan nyeri haid. Bahkan nyeri hebat yang dialami bisa diatasi secara alami. Manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan memang sangat bisa diandalkan.

Cobalah untuk mengonsumsi jus daun kelor segar. Melansir boldsky, daun kelor mengandung bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan nyeri serta inflamasi saat menstruasi.

  1. Mencegah Kanker

Daun kelor juga dikenal sebagai anti-kanker. Perannya sangat ampuh menangkal penyakit kanker yang disebabkan oleh inflamasi akut. Melansir heathline, kandungan isotiosianat dalam daun kelor akan membantu mengatasi dan mencegah inflamasi.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun kelor yang tak kalah penting lainnya ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah maka akan dengan mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah mengonsumsi daun kelor. Kandungan nutrisi asam amino pada daun kelor berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

Nah, itu dia 5 manfaat penting daun kelor bagi kesehatan tubuh manusia. Masih banyak manfaat penting lainnya jika kita rajin untuk konsumsi daun kelor.

Selain itu, meski daun kelor dipercaya bermanfaat untuk kesehatan, sebaiknya tidak mencoba menggunakan bagian lain dari pohon kelor yang belum terbukti khasiatnya secara ilmiah. Misalnya, mengonsumsi akar pohon kelor. Pasalnya, akar pohon kelor disebutkan mengandung bahan beracun.

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Rahma Angraini