Home News Nasional Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Pekanbaru – Dumai dari Istana Bogor

Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Pekanbaru – Dumai dari Istana Bogor

46
0
SHARE
Presiden Joko Widodo saat meresmikan jalan tol lintas Sumateri dari Istana Kepresidenan, Bogor pada Jumat (25/9). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Diamma.com- Presiden Joko Widodo telah meresmikan jalan tol lintas Sumatera Pekanbaru – Dumai (Permai) pada Jumat siang ini (25/9). Adapun peresmian dilakukan secara virtual yang mana presiden melakukannya dari Istana Kepresidenan, Bogor.

Dalam peresmian tersebut, presiden Joko Widodo mengenakan batik yang dipadukan dengan rompi serta helm proyek layaknya seperti sedang berada langsung di lokasi proyek tol tersebut.

Saat meresmikan tol Pekanbaru – Dumai, tidak lupa ia mengucapkan rasa syukur karena proyek tol lintas Sumatera tersebut telah selesai dan dapat digunakan.

“Alhamdulillahirobbilalamin pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 km dengan biaya Rp 12,18 triliun telah rampung dan telah selesai,” kata Jokowi, mengutip detik.com.

Ia juga berharap bahwa tol tersebut dapat meningkatkan konektivitas serta memperlancar perekonomian dan juga industri antara kota Pekanbaru dan juga Dumai.

“Ini akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota provinsi Riau dengan kota Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju,” harapnya.

Meski peresmian dilakukan secara virtual oleh presiden, namun Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan sejumlah pejabat daerah lainnya berada di lokasi tol tersebut.

Seperti diketahui, Tol Permai terdiri dari enam seksi yaitu Seksi 1 Pekanbaru – Minas (9,5 kilometer), Seksi 2 Minas – Kandis Selatan (24,1 kilometer), Seksi 3 Kandis Selatan – Kandis Utara (16,9 kilometer), Seksi 4 Kandis Utara – Duri Selatan (26,5 kilometer), Seksi 5 Duri Selatan – Duri Utara (29,54 kilometer), dan Seksi 6 Duri Utara – Dumai (25,05 kilometer). Tol ini juga akan dilengkapi dengan 10 tempat istirahat dan pelayanan (TIP), 5 TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 TIP lainnya arah Kota Dumai.

Adapun peresmian tersebut awalnya dijadwalkan secara tatap muka langsung namun karena pandemi Covid-19 tidak memungkinkan untuk melakukan perkumpulan dengan massa yang banyak maka dilakukan secara virtual.

Penulis: Rahma Angraini
Editor: Rahma Angraini