Home Kampus Memaksimalkan Potensi Diri di Tengah Pandemi, Perhatikan 3 Hal Ini!

Memaksimalkan Potensi Diri di Tengah Pandemi, Perhatikan 3 Hal Ini!

117
0
SHARE
Baskoro Aji Cahya membagikan tiga hal yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan potensi diri di tengah pandemic dalam Seminar O’Fest 2020, Sabtu (5/9). Foto: diamma.com/Faradina Fauztika

Diamma.com- Adanya pandemi Covid-19 menjadikan segala aktivitas terhambat. Pasalnya, masyarakat di belahan dunia manapun harus mampu menyesuaikan diri, baik dari aktivitas, produktivitas, hingga roda perekonomian.

Di balik itu semua, setiap orang dapat memaksimalkan potensinya selama pandemi ini. Dengan adanya digitalisasi, kita mampu mengakomodasi potensi yang kita miliki melalui media sosial, seperti Tik Tok, YouTube, hingga Facebook. Hal ini juga menjadi salah satu jalan keluar untuk mengakomodasi peluang yang ada.

“Kita sudah digitalisasi, membuat sesuatu yang fisik menjadi digital. Sekarang kita sudah digital, tetapi kita masih mendapatkan keuntungan dengan atensi yang besar dengan followers yang banyak,” ungkap Baskoro Aji Cahya, Art Director MNC TV dalam Seminar O’Fest 2020 pada Sabtu (5/9) melalui Zoom.

Oleh karena itu, ia juga membagikan tiga hal yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan potensimu selama pandemi. Yuk simak!

  1. Memaksimalkan Waktu yang Ada

Kamu harus dapat memaksimalkan apa yang kamu miliki sesuai dengan waktu yang ada. Oleh karena itu, kamu perlu tahu trend apa yang saat ini sedang menonjol, apa yang sedang masyarakat gemari, hingga kebiasaan-kebiasaan di masyarakat. Gunakan platform-platform digital untuk menarik perhatian masyarakat supaya dapat meraih pengikut bahkan mendapatkan pundi-pundi uang.

  1. Perhatikan Kondisi yang Sedang Terjadi Saat Ini

Seperti yang kita tahu, saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19 di seluruh belahan dunia. Penyebarannya yang masif membuat masyarakat yang ada di sekitar kita merasa ketakutan agar tidak tertular. Rumah makan pun menjadi sepi karena pelanggan tidak datang dan memilih memasak di rumah.

Tidak hanya perilaku masyarakat saja, kegiatan perekonomian pun juga harus mengalami perubahan. Banyaknya perusahaan yang harus memberhentikan karyawannya untuk membatasi pengeluaran.

“Ekonomi sedang tidak baik, banyak perusahan melakukan efisiensi. Kondisi ekonomi tidak baik sehingga membatasi pengeluaran,” ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, kamu dapat memaksimalkan potensi yang kamu punya. Jika kamu jago memasak, makananmu dapat dijual melalui akun Instagram dan melakukan pengiriman melalui ojek online. Jika kamu pandai menjahit, kamu dapat membuat masker kain dan menjualnya melalui e-commerce ataupun media sosial.

  1. Pahami Apa yang Saat Ini Sedang Dibutuhkan Masyarakat

Selain dua hal di atas, kamu juga harus memahami apa yang saat ini sedang dibutuhkan masyarakat. Tidak hanya itu, kamu juga harus menentukan target masyarakat yang kamu tuju.

Oleh karena itu, pandemi tidak bisa dijadikan alasan kamu tidak dapat produktif, lho! Selama di tengah pandemi banyak yag harus disesuaikan, dan dikembangkan dalam diri. Baskoro juga menegaskan, kemauan menjadi salah satu kunci berkembangnya potensi diri.

“Intinya ada kemauan, sebeesar apapun potensi kita, sebesar views kita kalo tidaka da kemauan untuk maju dan produktif, semua tidak akan berfungsi dengan baik. Kalo ada kemauan, meskipun tidak bisa apa apa, tetapi bisa menjadi potensi,” pungkasnya.

Reporter: Faradina Fauztika
Editor: Rahma Angraini