Home Entertainment Budaya Memperingati 75 Tahun Kemerdekaan, Kraton Jogja Rilis Album Gendhing Gati

Memperingati 75 Tahun Kemerdekaan, Kraton Jogja Rilis Album Gendhing Gati

278
0
SHARE
Cover Album Gendhing Gati Volume 1. Foto: kratonjogja.id

Diamma.com- Masih dengan suasana 75 Tahun kemerdekaan Republik Indonesia, salah satu dedikasi persembahan dari KHP Kridhomardowo yaitu merilis album Gendhing Gati Volume 1.

Dalam album Gendhing Gati Volume 1 tersebut berisi 17 gendhing dengan satu gendhing unggulan, yaitu Gendhing Gati Mardika.

Gendhing Gati Mardika ini merupakan salah satu yang diprakasai oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Pada lingkungan Keraton Yogyakarta sendiri pun penciptaan gendhing baru seperti ini dibilang unik. Pasalnya, Mardika sendiri bermakna merdeka atau bebas.

Melansir kratonjogja.id, latar belakang Gendhing Gati Mardika ini tercipta ketika Sri Sultan Hamengku Buwono IX menawarkan kesediaan Yogyakarta sebagai ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1946 – 1949. Dalam pidatonya, Bung Karno mengatakan bahwa Yogyakarta terkenal dengan jiwa yang merdeka.

“Yogyakarta termasyhur karena jiwa-jiwa kemerdekaannya, hiduplah terus jiwa-jiwa kemerdekaan itu,” ungkap Bung Karno.

Album Gendhing Gati Volume 1 saat ini sudah tersedia di piranti mainstream YouTube. Sebelumnya,  peluncuran album tersebut disiarkan secara live streaming melalui platform yang sama dari Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat pada tanggal 17 Agustus 2020 lalu.

Bagi Diammania yang belum mendengarkan dan menonton secara langsung, masih bisa menyaksikan tayangan ulangnya. Selain itu, kalian juga dapat menyaksikan 3 video tutorial Gendhing Gati tersebut.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Indira Difa Maharani