Home News Nasional Berikut Profil Paskibraka Istana Negara yang Bertugas Saat Pandemi Covid-19

Berikut Profil Paskibraka Istana Negara yang Bertugas Saat Pandemi Covid-19

385
0
SHARE
Potret pasukan pengibar bendera pusaka pada hari kemerdekaan RI ke-75 di Istana Negara, Senin (17/8). Foto: BPMI/Setkab.go.id

Diamma.com ā€“ Pengibaran bendera pusaka pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ke- 75 kali ini terasa berbeda. Hanya ada 8 anggota yang terdiri dari dua pasukan, yaitu Pasukan Sabang bertugas untuk mengibarkan dan Pasukan Merauke yang bertugas untuk menurunkan bendera murih putih. Kedua pasukan tersebut masing-masing beranggotakan 3 orang dan 1 cadangan.

Pasukan pengibar bendera pusaka tahun ini merupakan pasukan cadangan dari pasukan pengibar bendera pusaka Istana Negara tahun 2019. Hal tersebut dikarenakan tahun ini tidak ada pemilihan pasukan pengibaran bendera pusaka (Paskibraka) karena adanya pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia. 

Maka dari itu, siapa saja delapan Paskibraka pada 17 Agustus lalu? Berikut profil dari para pemuda pilihan dari seluruh Indonesia ini.

  1. Indrian Puspita Ramadhani 

Gadis kelahiran tahun 2002 asal Aceh ini tercatat sebagai siswi kelas 11 di  SMAN 1 Bireun. 

Sebelumnya ia merupakan anggota Paskibraka tahun lalu di Istana Negara dan kali ini Indrian kembali didapuk untuk menjadi bagian pasukan tersebut.

Anak dari pasangan Roni Nurjaman dan Ely Hafni itu memang sudah dikenal sebagai salah satu Paskibraka terbaik Tanah Air. Selain itu, Gadis ini sudah mewakili Aceh di tingkat nasional saat masih duduk di bangku kelas 11.

  1. I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata

Kembali berkesempatan menjadi Paskibraka dalam upacara kemerdekaan pada 17 Agustus 2020 lalu, pemuda yang akrab disapa Sanggra ini merupakan siswa SMAN 1 Mendoyo, Bali. Kali ini, ia dipercaya sebagai pengerek bendera pusaka tahun ini pada upacara HUT RI ke-75.

  1. Muhammad Arief Wijaya

Pemuda asal Sulawesi ini merupakan siswa SMAN 2 Kendari, Sulawesi Utara yang sebelumnya juga menjadi Paskibraka tahun 2019. Lalu, tahun ini ia bertugas kembali menjadi pasukan pengibar di Istana Negara.

  1. Sudrajat Prawijaya

Pemuda asal Bengkulu ini merupakan siswa SMAN 4 Rejang Lebong yang kali ini menjadi Paskibraka di Istana Negara pada HUT RI ke-75. 

  1. Muhammad Asri Maulana

Kembali menjadi perwakilan dari provinsi Kalimantan Selatan, pemuda satu ini merupakan siswa asal SMAN 1 Kandangan yang menjadi Paskibraka di Istana Negara bersama dengan 7 orang lainnya.

  1. Muhammad Adzan 

Siswa MAN 2 Kota Bima ini kembali didapuk menjadi Paskibraka pada Upacara Kemerdekaan RI ke-75 di Istana Negara. Sebelumnya, pada tahun 2019 lalu ia merupakan Komandan Kelompok (Danpok) 17 pada Tim A (Merah) di upacara kemerdekaan tahun lalu.

  1.  Sylvia Kartika Putri

Menjadi pembawa baki bendera pusaka pada upacara kemerdekaan ke-74, Sylvia Kartika Putri merupakan siswi asal SMA Sawasta Kartika 1-4, Pematang Siantar, Sumatera Utara. 

  1. Dhea Lukita Andriana

Dhea Lukita Andriana merupakan siswi SMAN 1 Ngunut, Tulungagung, Jawa Timur yang sebelumnya juga telah menjadi Paskibraka di Istana Negara pada Upacara Kemerdekaan RI ke-74.

Penulis: Rinaldy
Editor: Indira Difa Maharani